WhatsApp Business API dan Kegunaannya

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Kehadiran WhatsApp merevolusi cara kita berkomunikasi. Dari sekian banyaknya aplikasi instant messaging, menurut Tyntec.com, belum ada yang mengalahkan kesuksesan WhatsApp dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna serta 60 miliar pesan terkirim di seluruh penjuru dunia. Tak heran bila dunia bisnis mulai melibatkan pelanggan melalui aplikasi seperti WhatsApp. Dari itu solusinya WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business API.

Berbeda dengan WhatsApp Business, dari laman resminya, WhatsApp API memang didesain untuk bisnis skala menengah-keatas. WhatsApp API menjaga pelaku bisnis agar tetap terhubung dengan pelanggan dengan cara yang sederhana, aman, dan reliabel.  

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface,  merupakan program yang memungkinkan dua aplikasi untuk bertukar informasi meskipun aplikasi tersebut tidak dirancang untuk bekerja sama. 

Namun, WhatsApp API bukan merupakan sebuah aplikasi, merupakan software yang dapat dioptimalkan perusahaan melalui WhatsApp. WhatsApp API juga terintegrasi dengan Customer Relationship Management (CRM) perusahaan dan dapat digunakan oleh lebih dari satu perangkat. 

Apa Saja Keunggulan WhatsApp API?

  1. Otomatis dan Responsif

    Mengusung cara kerja chatbot, Versi WhatsApp API memungkinkan sebuah perusahaan besar membalas pesan masuk sebuah perusahaan yang lebih besar dengan responsif serta otomatis, tanpa harus membalas manual

  2. 24/7

    Selain dapat memberikan respon dalam waktu yang singkat, WhatsApp API dapat diakses kapanpun dan dimanapun, selagi masih terkoneksi dengan jaringan internet. 

  3. Akurat

    WhatsApp API juga dibekali kecerdasan untuk memberikan informasi terkait suatu produk secara lengkap dan menyeluruh. Sehingga pelanggan tidak hanya mendapatkan respon yang cepat, tetapi juga informasi yang akurat.

  4. Notifikasi Satu Arah Hingga Percakapan Dua Arah

    Fitur WhatsApp API memungkinkan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara satu arah seperti notifikasi pengingat appointment, notifikasi pengiriman produk, notifikasi pembayaran hingga interaksi dua arah berupa percakapan dan survei pada pelanggan. 

  5. Mampu Mengarahkan Pelanggan

    Selain mampu berinteraksi baik satu dan dua arah, WhatsApp API dapat memberikan jawaban yang bukan template. Setiap jawaban akan berbeda, sesuai pertanyaan yang diajukan pelanggan. Dan tentunya, hal tersebut dilakukan secara otomatis. Bahkan WhatsApp API juga dapat mengarahkan pelanggan pada proses pembelian dan negosiasi. 

  6. Efisiensi Biaya

    Tentunya dengan menggunakan fitur WhatsApp API dapat mengefisiensikan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk gaji Customer Service dan akan sangat malah bila ia harus bekerja selama 24 jam. 

Langkah Membuat WhatsApp API

Mengutip laman developers.facebook.com, terdapat tiga langkah utama untuk memulai WhatsApp API, yaitu:

Menyiapkan Aset

Anda harus menyiapkan aset yang diperlukan untuk menyelesaikan integrasi API. beberapa hal yang anda butuhkan sebagai berikut:

  • Akun Facebook Business Manager

  • Bisnis yang terverifikasi

  • Akun WhatsApp Business

  • Lini kredit untuk akun WhatsApp Business

Meng-install WhatsApp Business API Client 

Anda terlebih dahulu harus meng-install WhatsApp Business API Client. Pihak WhatsApp merekomendasikan setidaknya Anda menggunakan perangkat dengan 250GB SSD, 16GB RAM, dan 4 core CPU.  Setelah terinstall, Anda dapat memperbarui pengaturan aplikasi.

Artikel Lainnya
pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy