7 Cara Efektif Meningkatkan Pelayanan Pelanggan Bisnis Anda

Yusril Ibnu Maulana
Daftar Isi

Pelayanan pelanggan menjadi pertimbangan penting bagi pelanggan dalam memilih layanan Anda. Jika Anda merasa pelayanan bisnis Anda kurang maksimal tentu perlu sebuah cara efektif untuk meningkatkannya dengan cepat.

Tahukah Anda ? Ada dua faktor penting dalam menciptakan pelayanan yang maksimal yaitu dari faktor internal perusahaan dan eksternal yang merupakan pelanggan Anda.

Berikut solusi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan bisnis Anda dari berbagai faktor:

Berempati kepada karyawan Anda

Berempati kepada karyawan Anda

Customer experience adalah indikator penting untuk mengetahui kualitas pelayanan pelanggan. Menciptakan pengalaman yang baik ternyata bukan hanya terkait penawaran yang Anda berikan saja.

Kita perlu menggali lebih dalam akar masalah yang menjadi inti dari penciptaan hal ini terjadi. Karyawan adalah penopang inti dalam menciptakan pengalaman pelanggan. Maka penting bagi Anda untuk berempati kepada karyawan Anda.

Empati adalah sebuah perasaan dengan melihat dari sudut pandang orang lain sehingga dapat memahami apa yang orang lain rasakan. Karyawan Anda tidak selalu bisa melakukan pekerjaan yang maksimal. Ini terjadi bukan hanya dari kesalahan sisi individu, namun bisa jadi dukungan perusahaan terhadap karyawan kurang maksimal.

Buat karyawan Anda berkembang!

Buat karyawan Anda berkembang!

Memberikan sebuah pelatihan dan dukungan menjadi sebuah kewajiban bagi Anda yang menginginkan bisnis terus berkembang dan pelayanan pelanggan yang lebih baik. Teknologi saat ini sangat cepat berkembang.

Karyawan Anda bisa jadi kesulitan mengikuti perkembangan karena tidak memiliki waktu dan wadah dari perusahaan. Jika karyawan Anda berkembang maka bisnis Anda akan berbanding lurus mengikuti.

Kurangnya ilmu pengetahuan dan pengalaman bisa jadi hambatan mengapa pelayanan bisnis Anda tidak maksimal.

Temukan solusi dari hambatan internal

Temukan solusi dari hambatan internal

Jika karyawan Anda memang sudah memiliki keahlian dan ilmu yang cukup, perusahaan perlu menanyakan hambatan yang terjadi pada pelayanan pelanggan bisnis anda. Terkadang tidak semua masalah bisa diselesaikan oleh satu tim saja atau bahkan dari satu individu.

Perusahaan Anda perlu empati dan menanyakan hambatan yang tengah terjad secepat mungkin khususnya pada masalah pelayanan pelanggan. Hal ini dilakukan agar masalah tidak menjadi kompleks. Cari solusi bersama dan tidak hanya menyalahkan salah satu individu.

Anda juga perlu melakukan tracking dan membuat metrics dari setiap tim dan individu. Hal ini dapat membantu mengetahui masalah dari setiap aktivitas sehingga Anda dapat menemukan solusi yang tepat.

Buat suasana internal menjadi nyaman

Buat suasana internal menjadi nyaman

Faktor internal terakhir adalah memastikan karyawan Anda merasa nyaman bekerja dengan perusahaan Anda. Jika karyawan Anda merasa nyaman mereka akan sepenuh hati dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat menghasilkan pelayanan pelanggan yang maksimal.

Keterbukaan, saling memaafkan dan menurunkan ego antar individu untuk dapat berempati menjadi hal penting. Buat karyawan Anda bekerja karena mereka merasakan rasa memiliki pada perusahaan.

Minta masukan dari pelanggan terhadap pelayanan bisnis Anda

Minta masukan dari pelanggan terhadap pelayanan bisnis Anda

Buatlah sebuah wadah dan minta pelanggan Anda dapat memberikan masukan. Hargai segala masukan dan cari solusi dari masukan yang ada.Diskusikan solusi dengan tim Anda sehingga solusi yang dihasilkan tidak malah menimbulkan masalah baru dan membuat pelayanan pelanggan lebih parah.

Tidak semua masukan perlu Anda eksekusi, lihat berdasarkan masukan yang paling banyak. Prioritaskan hal apa yang lebih mudah untuk diperbaiki namun dengan dampak yang paling banyak setelah itu baru lakukan perbaikan ke effort yang lebih besar.

Transparan, selalu berikan solusi dan nilai lebih untuk pelanggan Anda

Transparan, selalu berikan solusi dan nilai lebih untuk pelanggan Anda

Transparan kepada pelanggan Anda menjadi faktor penting untuk menciptakan pelayanan pelanggan yang maksimal. Cara menyampaikan informasi menjadi faktor penting agar pelanggan Anda memahami segala hal yang terjadi.

Jika pelanggan Anda memiliki masalah berikan solusi langsung agar mereka merasa puas. Buatlah pelayanan lebih dari yang kompetitor berikan. Jika pelanggan Anda merasa nyaman maka mereka tidak perlu ragu lagi terhadap penawaran Anda.

Buat bisnis otomasi menggunakan chatbot

Buat bisnis otomasi menggunakan chatbot

Chatbot seperti milik Chatbiz.id dapat menjadi asisten bisnis Anda untuk dapat menciptakan pelayanan pelanggan yang lebih maksimal. Pelanggan Anda biasanya selalu mendapatkan kebingungan tentang hal yang sama.

Mereka sering menanyakan hal yang itu itu saja. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, jika Anda memiliki banyak pelanggan dan sumber daya yang Anda miliki mulai kewalahan maka ini bisa jadi masalah besar bagi pelayanan pelanggan Anda.

Chatbot menjadi investasi penting bagi bisnis karena dapat menjadi solusi terbaik untuk melayani pelanggan Anda dengan cepat dan efektif. Jika Anda membutuhkan layanan Chatbot silakan hubungi kami dan konsultasikan gratis untuk mendapatkan solusi yang sesuai kebutuhan bisnis Anda dalam hal pelayanan pelanggan.

Artikel Lainnya

WhatsApp Business API dan Kegunaannya

Bot WhatsApp untuk Retail

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy