5 Tools WhatsApp Untuk Membantu Bisnis Anda

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Anda mungkin sudah akrab dengan kata ‘WhatsApp’. Ya, aplikasi ini seakan-akan sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita setiap harinya. Aplikasi ini sudah digunakan secara luas, tersedia dalam berbagai bahasa, dan penggunanya mencakup 180 negara. 

Tidak hanya bermanfaat dalam keseharian, tetapi ternyata WhatsApp memiliki tools yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis. Apa saja itu? Sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak selayang pandang tentang WhatsApp dan bagaimana statistiknya di beberapa waktu belakangan. 

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp merupakan aplikasi perpesan, seperti Line atau Facebook Messenger. Aplikasi ini dapat diinstall di smatrphone ataupun PC.Aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet agar bisa berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya. 

WhatsApp awalnya merupakan perusahaan independen. Tetapi, pada tahun 2014, Facebook mengakuisisinya. Hingga kini, tahun 2021 WhatsApp dimiliki oleh Facebook. 

WhatsApp banyak digunakan oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulannya:

  • Gratis: satu-satunya biaya yang dikenakan hanyalah biaya untuk mengakses internet. Tidak ada biaya khusus untuk mendapatkan aplikasinya.

  • Tersedia secara luas: selama terkoneksi internet. WhatsApp dapat diakses dimanapun. Bahkan pengguna WhatsApp sudah memanjangkan 180 negara di dunia. 

  • Mudah digunakan: penggunaan WhatsApp bisa dibilang cukup mudah, bahkan bagi pengguna baru sekaligus.

  • Dilengkapi fitur lainnya: tidak hanya sekadar mengirimkan pesan teks, WhatsApp dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti panggilan suara dan video, berbagi foto, dokumen, dan lokasi. 

Berikut 5 Tools WhatsApp yang dapat Membantu Bisnis Anda

1. WhatsApp Group 

WhatsApp Group atau Grup WhatsApp adalah fitur yang dapat mengelompokkan penggunaannya kedalam grup-grup khusus. Anda dapat memanfaatkan ini sebagai salah satu tempat mempromosikan layanan atau produk.  Anda dapat mengundang ataupun mengeluarkan pelanggan. Pelanggan Anda juga dapat bergabung dengan grup melalui tautan undangan. 

2. WhatsApp Blast

Ini menjadi salah satu fitur yang akan memudahkan Anda. Fungsinya mirip seperti WhatsApp Broadcast, yang  memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke semua orang tanpa harus mengetik atau menyalin berkali-kali.  Bedanya, WhatsApp Blast memungkinkan pengiriman pesan lebih banyak. Bila WhatsApp Broadcast hanya bisa mengirimkan pesan ke 256 kontak, WhatsApp Blast bisa menjangkau kontak yang lebih banyak. Bahkan, menggunakan WhatsApp Blast bisa dilakukan tanpa saling menyimpan kontak. 

Artikel lebih lengkap mengenai WhatsApp Blast: https://chatbiz.id/blog/cara-kirim-pesan-whatsapp-ke-banyak-kontak-sekaligus/ 

3. WhatsApp Auto-Responder

Dengan WhatsApp, Anda tidak hanya mengoptimalkan waktu dalam mengirim pesan, tetapi juga dapat mengoptimalkan jeda waktu yang dibutuhkan untuk membalas pesan. Semakin cepat balasan, semakin meningkat pula kepuasan pelanggan. 

Menggunakan fitur ini, Anda dapat mengotomasi pesan balasan sesuai respon anda. Menurut Instamojo.com, fitur ini merupakan fitur tambahan yang harus didownload terlebih dahulu secara gratis di Play Store.

4. WBSChat

WBSChat merupakan aplikasi yang dapat membuat satu noor WhatsApp untuk banyak customer service. Dalam artian cukup menggunakan satu nomor untuk seluruh keperluan bisnis Anda. Penggunaan tools ini dapat membantu manajemen kontak pelanggan yang sudah didapatkan. 

5. Woo Wa

Woo WA adalah aplikasi WhatsApp yang dapat memberikan notifikasi reminder kepada calon pelanggan. Remainder ini tentunya secara otomatis dan dapat berjalan s24 jam.

Cara kerjanya kurang lebih seperti berikut: bila ada orderan dari pelanggan, secara otomatis WhatsApp akan mengirimkan pesan kepada calon pelanggan. Bila biaya pembelian  belum ditransfer, maka secara otomatis WhatsApp akan mengirimkan pesan remainder. 


Itulah lima tools dan aplikasi WhatsApp yang dapat digunakan secara gratis untuk membantu bisnis Anda. WhatsApp menjadi platform media sosial terkemuka di dunia saat ini. Sayang sekali bila Anda tidak membacanya sebagai tools yang dapat mengembangkan bisnis Anda. terlebih bila Anda menggunakan WhatsApp Business API yang dirancang khusus untuk menjalankan bisnis. Tentunya banyak manfaat dan keunggulan yang lebih spesifik guna mengembangkan bisnis Anda.  

Penjelasan lebih lengkap mengenai WhatsApp Business API bisa Anda simak pada artikel berikut: https://chatbiz.id/blog/whatsapp-business-api-dan-kegunaannya/ 

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy