Menilik Penggunaan WhatsApp Bot untuk Bisnis Konsultasi

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Bertahun-tahun, pelayanan pelanggan ditangani secara konvensional menggunakan manusia sebagai customer service atau konsultan. 

Beberapa waktu belakang, teknologi membawa perubahan yang signifikan dalam aspek pelayanan pelanggan. Dengan berbagai kemudahan serta keunggulan yang ditawarkan, akibatnya berbagai perusahaan beralih dan lebih memilih memanfaatkan teknologi. 

Seperti hal nya soal pelayanan pelanggan, kini kerja manusia mulai digantikan dengan penggunaan WhatsApp Bot.  

WhatsApp Bot adalah sebuat program software yang digunakan pada aplikasi instant messaging WhatsApp yang terintegrasi dengan bot. WhatsApp Bot berbasis teks, dan diprogram untuk membalas pertanyaan sederhana dengan jawaban yang telah dirancang  oleh pengembang. Chatbot beroperasi layaknya FAQ interaktif. WhatsApp Bot dapat berfungsi dengan baik untuk pertanyaan dan jawaban spesifik yang telah dilatih pengembang secara otomatis. 

Penggunaan WhatsApp Bot bervariasi, tergantung target dan kebutuhan perusahaan. Pada bisnis online, umumnya WhatsApp Bot digunakan untuk mengarahkan pelanggan untuk membeli suatu produk. Jenis perusahaan perbankan menggunakan WhatsApp Boy untuk menggantikan beberapa fungsi call center. 

Bahkan tidak hanya sekedar digunakan untuk pelayanan pelanggan, WhatsApp Bot kini juga dilirik bisnis yang bergerak di bidang konsultasi. 

Bisnis Konsultasi Online di Indonesia

Seiring kebutuhan masyarakat, bisnis-bisnis di berbagai bidang mengalami perkembangan. Didukung dengan pesatnya perkembangan digital saat ini, banyak bermunculan sektor bisnis yang bergerak online dan mengandalkan teknologi. Salah satunya bisnis konsultasi online.

Konsultasi apapun pada masa kini dapat diadaptasi dari bentuk tatap muka menuju online. Belakangan, jasa konsultasi online yang populer di Indonesia adalah jasa konsultasi bidang kesehatan. 

Kondisi pandemi yang membuat masyarakat membatasi kegiatan tatap mukanya, sehingga peluang penggunaan jasa konsultasi online meningkat. Tentunya tidak hanya unk konsulyasi dibidang kesehatan, hal ini berlaku pada bidang konsultasi lainnya.

WhatsApp Bot untuk Bisnis Konsultasi

Melalui layanan konsultasi, perusahaan memberikan bantuan dan pemecahan masalah yang dialami oleh pelanggan. Dengan adanya layanan tersebut, tentunya pelanggan akan semakin terbantu dan semakin puas. 

Tentunya, layanan konsultasi juga dapat diaplikasikan menggunakan WhatsApp Bot. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, WhatsApp Bot bekerja mendefinisikan bahasa yang diketikkan melalui pelanggan dan memberikan jawaban relevan sesuai sistem yang telah dirancang. 

Survei yang dilakukan oleh Adrift.com pada 1.051 responden berusia 18-64 tahun, menunjukkan sebanyak 35% responden memilih bahwa mereka menggunakan chatbot untuk menyelesaikan keluhan atau masalah, serta mendapatkan jawaban terperinci. 

Selain itu, data oleh Acquire.com, sebanyak 1,4 miliar pengguna aplikasi instant messaging bersedia menggunakan chatbot. Konteks penggunaan chatbots yang diajukan saat survei ialah penggunaan chatbot untuk mendapatkan jawaban cepat dalam keadaan darurat, serta menyelesaikan keluhan atau pertanyaan.

Apa Saja Manfaat Penggunaan WhatsApp Bot Untuk Bisnis Konsultasi?

Mudah dan Berpotensi untuk Digunakan

Hasil Digital Report 2019 oleh Hootsuite, WhatsApp menjadi aplikasi ke-dua yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. WhatsApp Bot sejatinya merupakan bot yang terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp. Didukung dengan banyaknya pengguna WhatsApp di Indonesia, menunjukkan potensi bahwa penggunaan WhatsApp BOt dapat diterima secara luas.

Responsif Tersedia 24 Jam

Responsif menjadi hal terpenting bagi bisnis apapun, terlebih bagi bisnis menawarkan jasa konsultasi. Melansir Entrepreneur.com, 68% pelanggan akan kabur bila Anda tidak melayaninya dengan cepat. Dari itu, menggunakan WhatsApp Bot perusahaan dapat selalu sedia melayani konsultasi pelanggan 24 jam non stop.

Menghemat Waktu Pelanggan

Hasil Survei Chatbot Report 2017, 21% pelanggan mempersepsikan chatbot sebagai alat termudah untuk menghubungi bisnis. Ini mengindikasikan bahwa pelanggan terbantu dengan jawaban yang diberikan melalui bot. WhatsApp Bot juga memiliki nilai lebih dalam menghemat waktu pelanggan, karena mereka tidak perlu menunggu antrian untuk berkonsultasi. 

Menghemat Biaya dan Efisiensi Kerja

Bagi penyedia layanan, penggunaan WhatsApp Bot dapat mengefisiensi kerja, karena pekerjaan sudah dioptimasi sehingga tidak perlu dibalas secara manual.  

Menurut Forrester Consulting, perusahaan yang menggunakan chatbot untuk pelayanannya dapat menekan biaya pelayanan hingga 30%. Menggunakan WhatsApp Bot sangat dapat menghemat biaya, baik dari penyedia layanan konsultasi maupun pelanggan. Jika penyedia layanan mendapatkan penghematan biaya karena tidak perlu lagi mempekerjakan orang untuk membalas pesan yang masuk, maka pelanggan mendapatkan penghematan biaya karena tidak perlu mengunjungi penyedia layanan secara langsung. 

Meningkatkan Customer Experience

WhatsApp Bot dapat didesain untuk membangun percakapan yang interaktif. Saat berkonsultasi, bot dapat menawarkan rekomendasi ataupun bantuan yang berkaitan dengan masalah pelanggan sehingga pelanggan akan terbantu.

Menurut Forbes, ada sekitar 80% pebisnis di dunia yang saat ini mulai berencana untuk mulai mengandalkan chatbot untuk meningkatkan customer experience dalam bisnis mereka.

Tak perlu pusing bila ingin menggunakan WhatsApp Bot untuk bisnis konsultasi ataupun untuk meningkatkan customer experience bisnis Anda. Chatbiz.id akan membantu anda mewujudkannya! Selain mendapatkan manfaat yang telah dijelaskan di atas, Anda akan mendapatkan keunggulan lainnya. 

Fitur WhatsApp Bot milik Chatbiz.id terintegrasi dengan chat panel serta analytic dashboard. Hal ini memungkinkanAnda untuk memantau update chat dari konsumen dan mengotomasi proses marketing langsung dalam satu tempat. 

Disamping itu, Chatbiz.id memenjamin komitmen 99% uptime. Artinya kami menjamin layanan Chatbiz.iz akan selalu jalan setiap bulan. Chatbiz.id juga menyediakan konsultasi dengan ahli secara gratis untuk membantu menemukan chatbot yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda!

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy