7 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Chatbot Untuk Bisnis Anda

Shandy Pradana

Apakah Anda seorang pemilik bisnis? Jika iya, apakah bisnis Anda membutuhkan chatbot? Jawaban atas pertanyaan barusan bergantung pada bisnis yang Anda miliki dan seberapa “berani” Anda untuk berinovasi dan mengikuti tren teknologi terbaru. Karena saat ini, persaingan yang semakin ketat mengharuskan setiap bisnis untuk mengadopsi teknologi yang inovatif.

Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk mengadopsi tren yang unik agar dapat meraup keuntungan sekaligus mempertahankan kesuksesan jangka panjang. Seperti yang diketahui, pengembangan AI, khususnya chatbot, menjadi tren yang paling banyak diikuti oleh para pemilik perusahaan dan bisnis besar selama beberapa tahun ke belakang.

Nah, karena chatbot sudah menjadi bagian penting dari hampir setiap bisnis saat ini, Anda pasti mulai tertarik untuk segera mengintegrasikannya ke dalam bisnis Anda. Lagipula, kita bicara tentang melayani pelanggan selama 24/7, meningkatkan produktivitas bisnis dan memberikan pengalaman yang positif kepada para pelanggan.

Bahkan, Ubisend menyebutkan kalau 1 dari 5 konsumen di masa mendatang berpotensi untuk membeli barang dan jasa dari chatbot. Maka, jangan heran kalau chatbot akan menjadi tren baru di dunia bisnis pada tahun 2020.

Tren Chatbot di Tahun 2020

Pada awalnya, orang-orang sangat penasaran sekaligus cemas dengan pengaruh chatbot dan bagaimana ia akan memengaruhi perusahaan dan bisnis di masa depan. Beberapa tahun setelahnya, banyak brand terkenal yang menggunakan chatbot dan mulai memperoleh beberapa kemajuan yang signifikan darinya.

Di tahun 2020, hampir 80% bisnis diprediksi akan menggunakan chatbot, di mana kebutuhan terhadap chatbot akan terus meningkat di masa depan. Statistik tersebut tidak mengejutkan, karena di tengah kondisi krisis seperti saat ini pemilik bisnis memang harus bergerak cepat dan berinovasi agar terus survive.

Jika Anda selalu menunda-nunda untuk mengadopsi chatbot ke dalam bisnis Anda, maka Anda aka semakin tertinggal di dunia bisnis yang semakin kompetitif. Oleh sebab itu, inilah saatnya untuk mengadopsi chatbot sesegera mungkin.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas beberapa alasan utama mengapa bisnis Anda membutuhkan pengembangan chatbot di dalamnya.

  1. Meningkatkan Tingkat Produktivitas Bisnis Anda

    Dalam hal ini, chatbot akan membantu bisnis Anda untuk menjawab pertanyaan yang berulang dari pelanggan. Ada beberapa pertanyaan dasar yang sering diajukan pelanggan setiap harinya, dan Anda tidak harus duduk selama 24 jam sehari untuk menjawab semua pertanyaan tersebut. Cukup serahkan tugas itu kepada chatbot sementara Anda mengerjakan tugas yang lebih kompleks.


    Selain itu, chatbot juga dapat terus bekerja bahkan di saat Anda istirahat. Karena chatbot tidak pernah merasa lelah atau bosan, mereka dapat digunakan untuk membantu layanan pelanggan selama 24/7.


    Salah satu contoh kasusnya adalah pemakaian chatbot dari Chatbiz.id yang telah membantu Bhinneka Shuttle untuk mempertahankan 50% transaksi pemesanan tiket di tengah kondisi pandemi dan meningkatkan jumlah transaksi bulanan sebanyak 30%.

  2. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

    Sebagian besar pelanggan mungkin sedang terburu-buru saat mengajukan pertanyaan atau permintaan kepada bisnis Anda. Setelahnya, mereka pasti membutuhkan jawaban yang cepat dari layanan pelanggan Anda.


    Dengan chatbot, pelanggan akan mendapatkan jawaban atau rekomendasi secepat mungkin, biasanya kurang dari 30 detik, sehingga mereka tidak harus menunggu sampai beberapa menit atau bahkan berjam-jam lamanya untuk mendapatkan balasan dari bisnis Anda.


    Bahkan, Chatbots Magazine menyebutkan kalau sekitar 69% konsumen lebih memilih chatbot karena kemampuannya untuk memberikan jawaban yang cepat untuk sebuah pertanyaan sederhana. Dengan kelebihan ini, chatbot dapat membuat Anda mengikuti tren terbaru sambil terus menghubungkan Anda dengan pelanggan dengan cara yang positif.


    Tentunya, dengan mengotomatisasi layanan pelanggan bisnis Anda dengan chatbot, Anda juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan ke arah yang lebih baik.

  3. Dapat Memberikan Rekomendasi dan Mengotomatisasi Pembayaran

    Ketika sedang berbelanja, pelanggan seringkali membutuhkan bantuan untuk mencari tahu produk atau layanan yang tepat untuk mereka. Di sini, alih-alih hanya memberikan penjelasan mengenai produk tertentu, chatbot dapat memberikan rekomendasi ketika pelanggan tidak yakin ingin membeli apa.


    Selain memberikan rekomendasi kepada pelanggan, chabot juga dapat mengotomatisasi pembayaran. Chatbots Magazine mengungkapkan kalau 67% milenial Amerika Serikat cenderung membeli produk atau layanan dari bisnis yang menggunakan chatbot. Salah satu alasannya adalah otomatisasi pembayaran yang disediakan oleh chatbot.


    Dengan chatbot, bisnis Anda dapat mengotomatisasi pembayaran. Tentu saja, proses yang instan ini akan membuat pelanggan Anda semakin senang sehingga akan meningkatkan kepuasan mereka terhadap bisnis Anda.

  4. Menawarkan Interaksi Pengguna yang Lebih Baik

    Chatbot sendiri adalah alat yang tepat untuk meningkatkan interaksi yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Sejauh ini, chatbot adalah alat terbaik untuk memulai dan mempertahankan obrolan di platform tertentu. Ketika sedang memakai chatbot, pengguna akan merasakan interaksi yang lebih baik, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.


    Karena dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin (ML), dan pemrosesan bahasa alami (NLP), chatbot mampu melakukan percakapan dengan pelanggan layaknya manusia pada umumnya. Juga, saat pelanggan membuka akun bisnis Anda, mereka akan disambut oleh chatbot dengan cara yang tidak mengganggu.


    Perusahaan penerbangan ternama, Emirates, bahkan berhasil meningkatkan keterlibatan pengguna sebesar 87% setelah menggunakan chatbot. Hal ini wajar karena chatbot dapat menyediakan komunikasi yang mudah. Selain itu, antarmuka yang sederhana juga membuat chatbot lebih akrab bagi pengguna baru.

  5. Lebih Transparan

    Dengan chatbot, Anda dapat melacak perintah dan tanggapan yang diberikan oleh pelanggan ke dalam bisnis Anda. Setelahnya, Anda akan mendapatkan data untuk mengoptimalisasi beberapa produk atau layanan dalam bisnis Anda.


    Selain itu, chatbot juga memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan manusia. Dalam hal ini, chatbot bisa di atur dalam suatu dashboard, sehingga Anda dapat terus memantau dan berkolaborasi dengan chatbot yang bersangkutan. Tentunya, hal ini akan meningkatkan transparansi di dalam bisnis Anda.


    Maka dari itu, tidak heran jika chatbot menjadi tren karena ia dapat mengoptimalisasi bisnis dengan mempelajari harapan dan keinginan pelanggan. Tentunya, dengan transparansi dan penyediaan data spesifik yang disediakan dari interaksi antara chatbot dan pelanggan Anda.

  6. Meningkatkan Branding Bisnis

    Hari ini, persaingan di dalam dunia bisnis semakin sengit. Hal ini membuat para pelanggan beralih ke bisnis yang dapat menawarkan solusi yang tidak terbatas. Singkatnya, mereka mencari solusi yang lebih kualitatif dengan usaha yang minimal.


    Dengan chatbot, Anda dapat menjangkau calon pelanggan dengan mudah, karena Anda dapat menawarkan informasi yang diperlukan selama 24/7. Tingkat konsistensi yang tinggi (minim kesalahan) dan personalisasi bisnis dari chatbot juga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang positif.


    Dengan chatbot, Anda dapat membangun branding yang lebih baik di mata para pelanggan. Pada gilirannya, Anda juga dapat meningkatkan penjualan sekaligus kesadaran merek (brand awareness) bisnis Anda di saat yang bersamaan.

  7. Lebih Hemat Biaya dan Hemat Waktu

    Salah satu keuntungan terbesar dari chatbot adalah biaya pengembangan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pengembangan aplikasi. Waktu pengembangan yang dibutuhkan chatbot juga tidak selama pengembangan aplikasi, kecuali Anda ingin membuat sesuatu yang benar-benar out-of-the-box.


    Biaya perawatan chatbot juga tidak sebesar biaya perawatan aplikasi. Dengan chatbot, bisnis Anda dapat menghemat uang dan waktu. Selain itu, dengan berinvestasi ke dalam chatbot, Anda juga dapat menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan Anda.


    Setelah Anda mengintegrasikan chatbot ke dalam bisnis Anda, menarik pengunjung akan menjadi mudah dan cepat. Di tengah dunia bisnis yang semakin kompetitif, pelanggan selalu mencari solusi yang tepat untuk mereka, sehingga sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan mereka.


    Dalam skenario ini, chatbot hadir sebagai solusi yang mudah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika Anda memiliki bisnis, maka chatbot adalah alat yang tepat untuk membantu Anda. Dengan ketangkasan dan tingkat keakuratan yang tinggi, chatbot dapat menarik lebih banyak pelanggan dan memberikan keuntungan yang berlipat untuk bisnis Anda.

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy