Customer Service WhatsApp Chatbot dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Faisal Sugangga
Daftar Isi

    Otomasi bisnis menjadi perbincangan yang cukup hangat belakangan ini. Bagaimana tidak, perubahan perilaku konsumen dari interaksi fisik ke interaksi digital yang dipercepat dengan kehadiran Covid-19 membuat para pebisnis harus terus memutar otak guna menghadirkan layanan yang sesuai dengan keadaan sekarang.

    Dalam hal ini, otomasi customer service menjadi hal yang sangat penting karena saat ini konsumen sudah tidak mengenal waktu dan tempat ketika ingin menghubungi bisnis.

    Namun begitu, masih banyak pebisnis yang tidak menyadari hal ini dan tidak berusaha secepatnya untuk menyediakan customer service yang terotomasi.

    Hal ini tentu menyebabkan bisnis tersebut (yang belum menerapkan otomasi customer service) memiliki daya saing yang lebih rendah dibandingkan dengan bisnis yang sudah menerapkan otomasi customer service.

    Ketika ingin menerapkan otomasi customer service, maka yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis adalah dimana mereka akan menempatkan customer service yang terotomasi tersebut.

    Jika di Indonesia, jawaban ini dapat dengan cepat terjawab, yaitu di WhatsApp, platform chatting nomor satu di Indonesia saat ini. Otomasi customer service di WhatsApp dapat diterapkan dengan menggunakan WhatsApp Bot.

    Sebuah perusahaan transportasi besar di Amerika mendapatkan peningkatkan pemesanan sebesar 25%, penghematan biaya sebesar 1 juta dolar, dan peningkatkan pemesanan tiket sebanyak 30% hanya dengan mengimplementasikan Bot!

    Customer Service WhatsApp Chatbot memiliki banyak sekali manfaat karena juga telah didukung dengan platform multichannel.

    customer-service-whatsapp-bot-flow

    Oleh karena itu, mari kita simak manfaat menyediakan customer service yang terintegrasi dengan WhatsApp Chatbot:

    Keuntungan Customer Service WhatsApp Chatbot untuk Pebisnis:

    1. Customer Service yang Bersifat Eksklusif

      Bisnis dapat menyelesaikan masalah pelanggan secara pribadi WhatsApp dan menghindari potensi munculnya pelanggan yang menuliskan “hate comment” mereka di media sosial, yang tentunya mempengaruhi persepsi merek/nama perusahaan.

    2. Otomasi Bisnis

      Membantu bisnis untuk mengotomatiskan tugas, mengkonsolidasikan tugas, dan menghasilkan arahan yang sesuai dengan yang bisnis inginkan.

    3. Efisiensi Platform

      Tidak repot menyediakan platform baru. Dengan WhatsApp sebagai platform chatting paling digemari di Indonesia saat ini, pebisnis dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

    4. 24x7 Customer Care

      Customer Service WhatsApp bot dapat memberikan bantuan untuk pertanyaan dasar seperti pembelian produk, pendafataran event, pembelian tiket dan bahkan penggalangan dana untuk donasi.


      WhatsApp bot milik Chatbiz dapat dikustomisasi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh bisnis juga membantu menyelesaikan masalah para konsumen.


      Dengan chatbot, jawaban dapat distandarisasi dan tersedia 24x7 jam. Hal ini akan membebaskan waktu agen atau admin dari bisnis tersebut sehingga mereka dapat fokus pada tugas yang memang membutuhkan human intelligence.

    5. Memberikan Informasi secara Real-time

      Customer Service WhatsApp bot dapat digunakan untuk memberikan informasi secara real time dengan cara yang lebih interaktif. Misalnya, status pesanan atau pembaruan pada perjalanan travel dapat dikirim secara real-time ke pelanggan.


      Dalam hal ini, WhatsApp bot milik Chatbiz.id dapat terhubung ke sistem IT perusahaan untuk mendapatkan dan merekap data terkait.

    6. Pengalihan dari Chatbot ke agen/admin Perusahaan

      Customer Service WhatsApp bot dapat digunakan untuk mendapatkan informasi awal dari pelanggan.


      Dengan menanyakan detail seperti sifat pertanyaan (seperti masalah apa yang sedang dihadapi) atau nomor pelanggan, WhatsApp bot dapat membantu mengumpulkan data dan mengarahkan ke agen/admin yang sesuai. Hal ini dapat terjadi karena Customer Service WhatsApp bot Chatbiz.id menyediakan platform multichannel yang saling terkait. 

    Keuntungan Customer Service WhatsApp untuk Pelanggan:

    1. Mudah di Akses

      WhatsApp memungkinkan pelanggan untuk menjangkau bisnis secara instan dengan menggunakan platform yang paling mereka sukai, yaitu WhatsApp, tanpa harus melewati proses yang merepotkan

    2. Percakapan yang Aman

      Enkripsi ujung ke ujung yang ditawarkan oleh WhatsApp memastikan bahwa tidak ada orang selain pelanggan dan agen dukungan yang dapat membaca pesan mereka.


      Rasa privasi yang ditingkatkan ini adalah sesuatu yang membuat pelanggan merasa aman, karena mereka tidak mendapatkan tingkat enkripsi yang sama pada saluran seperti email, media sosial, telepon, atau IVR.


    Tertarik? sebelum masuk itu kita bahas sedikit tentang syarat-syarat untuk Anda dapat membuat WhatsApp Bot untuk Customer Service.

    • Anda Membutuhkan Whatsapp Business API

    Application Program Interface (API) adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method, atau URL endpoint) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform atau lintas platform.

    Jadi, WhatsApp Business API dirancang agar para pengembang dapat mengembangkan WhatsApp sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih efisien, contohnya dengan menggunakan chatbot.

    WhatsApp Business API bukan aplikasi seperti yang terdapat di AppStore atau Playstore, dalam menggunakannya.

    Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API?

    WhatsApp Business API hanya dapat di akses oleh partner Facebook atau akun yang sudah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu melalui beberapa proses.

    Untuk melakukan verifikasi, banyak proses yang harus Anda lalui, seperti memasukan detail-detail tentang perusahan yaitu surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan lain-lain. Lengkapnya dapat Anda lihat disini .

    Setelah itu, Anda juga harus menunggu beberapa minggu untuk hasil dari proses verifikasi itu sendiri, dan ada kemungkinan bisnis Anda gagal terverifikasi.

    Dan tentu saja, Anda juga harus membutuhkan seseorang yang paham akan WhatsApp Business API itu sendiri untuk membuat chatbot bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau.

    • Anda membutuhkan Izin Pendirian Perusahaan, Website Resmi dan Email Perusahaan

    Facebook sebagai partner dari WhatsApp itu sendiri mengharuskan setiap bisnis yang ingin menggunakan Customer Service WhatsApp Bot haruslah memiliki Izin Pendirian yang valid, seperti

    1. Usaha yang sudah berbadan hukum, berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi, atau minimal berbentuk UD (Usaha Dagang)

    2. Website/domain resmi perusahaan

    3. Email perusahaan

    Untuk tata cara pendirian badan usaha, Anda dapat melihatnya di sini -> https://izin.co.id/artikel/syarat-pendirian-pt.php

    pengalaman

    5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy