Penggunaan Chatbot Chatbiz.id di Berbagai Bidang dan Testimoninya

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Kita hidup di zaman digital yang dalam berbagai aspek kehidupan memanfaatkan teknologi. Mulai dari bidang bisnis, pemerintahan, bahkan bidang pendidikan kini  memanfaatkan teknologi dalam kesehariannya. 

Ditambah kondisi serba online seperti sekarang ini menuntut berbagai bidang kehidupan dapat memberikan pelayanan digital dan responsif. Dengan berbagai kemudahan serta keunggulan yang ditawarkan, akibatnya berbagai perusahaan beralih dan lebih memilih memanfaatkan teknologi. Seperti hal nya soal pelayanan pelanggan atau customer service, kini kerja manusia mulai berkolaborasi dengan chatbot. 

Apa Itu Chatbot?

Mungkin kita sudah akrab dengan penggunaan chatbot sebagai substitusi customer service dalam dunia bisnis. Chatbot dengan sistem otomasinya, mampu menjawab pertanyaan customer dalam waktu yang cepat dan akurat. 

Chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk memahami, belajar, dan berkomunikasi seperti manusia untuk menjawab pertanyaan secara real time.  Chatbot sudah digunakan sejak akhir 1950-an untuk melayani pelanggan secara sederhana.

Simpelnya, penggunaan chatbot memungkinkan Anda memiliki asisten virtual. Chatbot dapat menjawab pertanyaan secara responsif dan lebih efisien karena pesan dapat dibalas secara otomatis. 

Dikutip dari Tirto.id, chatbot merupakan robot yang diprogram untuk membalas pesan-pesan dengan indikator tertentu. Pada awal kemunculannya, interaksi pengguna dengan chatbot terasa sangat kaku. Namun, dengan beberapa pengembangan selanjutnya chatbot mampu menghasilkan percakapan yang lebih natural.,

Chatbot berbasis teks, dan diprogram untuk membalas pertanyaan sederhana dengan jawaban yang telah ditulis sebelumnya oleh pengembang. Chatbot dapat berfungsi dengan baik untuk pertanyaan dan jawaban spesifik yang telah dilatih pengembang secara otomatis.  

Perkembangan Chatbot dari Masa Ke Masa

Tahun 2019, industri digital diramaikan dengan kehadiran chatbot. Chatbot diklaim dapat mengefisiensi kerja serta dapat meningkatkan penjualan.

Sebenarnya, konsep kerja seperti chatbot sudah ada sejak 1966. Menurut Futurism.com, Eliza pada tahun 1966 menciptakan program yang dapat meniru percakapan manusia dengan menggunakan petunjuk melalui tanggapan yang dituliskan.

Hingga tahun 2000-an,chatbot banyak digunakan untuk layanan pelanggan. Terutama untuk menjawab panggilan yang masuk ke hotline perusahaan.

Awalnya percakapan melalui chatbot sangat kaku, karena hanya diprogram secara sederhana. Chatbot hanya mampu menjawab dan mengarahkan pelanggan menuju saluran yang diinginkan.

Pada tahun 2000-an, chatbot tidak hanya dimanfaatkan sebagai menjawab interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. Chatbot dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi instant messaging yang banyak digunakan masyarakat, contohnya WhatsApp Bot. Alhasil, kini chatbot menjadi bagian tim marketing untuk memasarkan produk, serta meningkatkan sales karena berpotensi menjangkau leads.

Keunggulan Menggunakan Chatbot

Agaknya akan menjadi artikel yang sangat panjang bila menjelaskan manfaat dan keunggulan chatbot dalam berbagai bidang. Manfaat chatbot akan menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Dari itu, manfaatnya bisa sangat spesifik dan tidak bisa dipukul rata. Namun, penggunaan chatbot seringkali dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut ini:

Memberikan Informasi pada Pengguna

Chatbots dapat mengidentifikasi jenis informasi apa yang dibutuhkan penggunanya ketika mengetikkan pertanyaan sederhana. Tentunya hal ini dapat dilakukan secara otomatis. Disamping itu, chatbot dapat membangun percakapan yang interaktif, dengan memberikan rekomendasi informasi yang relevan dengan pertanyaan pengguna. 

Chatbot dapat Mengotomasi

Menjawab pertanyaan yang sama secara manual berulang kali akan menghabiskan tenaga dan waktu. Penggunaan chatbot dapat mengatasi masalah ini! Chatbot telah dirancang pengembang untuk menjawab pertanyaan yang masuk secara otomatis. Hal ini akan menciptakan kesan yang baik dalam ingatan pengguna, karena layanan yang digunakannya sangat responsif. 

Menurut chatfuel.com, chatbot dapat menyelesaikan hingga 80% pertanyaan dan masalah dari pengguna. Untuk pertanyaan yang membutuhkan sentuhan manusia, chatbot Anda dapat meneruskan pengguna ke agen manusia.

Kemampuan otomasi chatbot memungkinkan penghematan waktu, energi, dan uang, sehingga organisasi dapat mengalokasikan sumber daya berharga tersebut ke bagian yang lebih membutuhkannya.

Tersedia 24 Jam

Kebutuhan pengguna akan informasi, ataupun permasalah yang dialaminya bisa saja muncul dalam waktu yang tak terduga. Tidak ada yang bisa memprediksi hal tersebut. Penggunaan chatbot menjadi solusinya. 

Chatbot dapat bekerja tanpa henti 24/7. Menariknya lagi, chatbot dapat merespon semua pertanyaan yang masuk tanpa waktu tunggu. Chatbot pun tidak akan merasa lelah bila harus melayani beratus bahkan berjuta pertanyaan pengguna.

Dapat Mengumpulkan Data dan Meningkatkan Engagement Pengguna

Chatbot dapat menghimpun berbagai informasi pengguna Mulai dari nama, profesi, detail kontak, serta preferensi mereka. Lebih jauh lagi, chatbot juga dapat mempelajari apa saya yang diminta pelanggan, hal-hal yang mereka sukai, dan lainnya. 

Sebagian customer sangat tertarik dan senang cara ini. Menurut Observer.com, 48 persen customer terbuka untuk rekomendasi dan saran yang diberikan melalui chatbot.

Efisien dan Mudah Digunakan

Chatbot akan lebih terasa lebih efisien dibandingkan dengan pengguna yang harus mengunjungi pusat informasi kantor terkait untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Informasi yang didapatkan melalui chatbot tentunya akan akurat sesuai yang telah dirancang.

Respon yang cepat menjadi nilai tambah dalam penggunaan chatbot. Disamping itu, chatbot pastinya dapat dirancang untuk mudah digunakan sesuai kebutuhan.

Dari sisi internal perusahaan atau organisasi, tentunya penggunaan chatbot dapat mengurangi beban kerja pegawai. Bayangkan saja bila pegawai pusat informasi harus menjawab pertanyaan yang berulang dari berjuta penduduk. Tak terbayangkan betapa beratnya beban pekerjaan pegawai tersebut bila dilakukan secara manual.

Efektif digunakan Pada Masa Pandemi

Berbagai transaksi ataupun layanan kini dapat diakses secara digital. Penggunaan chatbot yang dapat diakses dari rumah, tentunya sangat sejalan dengan protokol kesehatan pemerintah, untuk meminimalisir aktivitas yang biasa dilakukan di luar rumah. 

Dengan adanya kebijakan untuk tetap dirumah, perilaku atau habit pelanggan juga turut berubah. Seluruh kegiatan diusahakan dengan cara online. Tentunya, chatbot merupakan jawaban yang efektif  untuk mengatasi permasalah mendasar saat pandemi ini. 

Apa Saja Keunggulan Chatbot Milik Chatbiz.id?

Chatbot Terintegrasi dengan chat panel dan analytic dashboard

Fitur chatbot milik Chatbiz.id terintegrasi dengan chat panel serta analytic dashboard. Hal ini memungkinkan tim marketing dapat memantau update chat dari konsumen dan mengotomasi proses marketing langsung dalam satu tempat. 

Memberikan Informasi Tentang Customer

Chatbot milik Chatbiz.id juga dapat mengetahui data customer melalui analytic dashboard. Tentunya, melalui data tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dan acuan untuk meninjau strategi marketing kedepannya.

Komitmen 99% Uptime

Selain itu, Tim Chatbiz.id menjamin komitmen 99% uptime. Artinya kami menjamin layanan Chatbiz.id akan selalu jalan setiap bulan nya. Kalaupun ada waktu down, hanya 1% dari jumlah waktu dalam satu bulan. 

Konsultasi Gratis dengan Ahli 

Chatbiz.id memberikan fasilitas konsultasi dengan ahli terkait chatbot yang sesuai dengan kebutuhan client. Tentunya ini akan sangat membantu client menentukan chatbot yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Verifikasi WhatsApp

Chatbiz.id juga memberikan bantuan bagi client untuk verifikasi akun WhatsApp client. Dalam kata lain, kami membantu client untuk mendapatkan centang hijau atau WhatsApp yang verified. 

Penggunaan Chatbot Milik Chatbiz.id dan Testimoninya

Chatbiz,id merupakan penyedia layanan chatbot terpercaya sejak tahun 2019. Hingga kini Chtabiz.id sudah mengembangkan banyak chatbot untuk perusahaan nasional dan multinasional. 

Bila sebelum nya Anda sudah menyimak informasi mengenai manfaat chatbot, berikut merupakan beberapa contoh penggunaan chatbot milik Chatbiz.id di berbagai bidang.

Bidang Pariwisata

Perusahaan travel yang bergerak online akan sangat menyederhanakan perencanaan perjalanan pelanggannya. Publikasi oleh Theappsolution, kini 84 persen wisatawan menggunakan agen perjalanan online untuk melakukan pemesanan. Namun, 62 persen wisatawan sulit menemukan kesepakatan yang tepat. 

Menggunakan chatbot milik Chatbiz.id, Baraya Travel berhasil memproses puluhan ribu percakapan terkait pemesanan tiket, pengiriman paket/kargo, promosi dan pariwisata. Hal tersebut berhasil atas kolaborasi antara chatbot bernama Pamela dengan tiga agents lainnya. 

Selain itu, penggunaan chatbot oleh Baraya Travel sangat menghemat waktu konsumen. Penyelesaian masalah konsumen yang sebelumnya membutuhkan waktu 60 menit berkurang drastis menjadi kurang dari 10 menit.

Bidang Retail

Maraknya penggunaan chatbot ini sudah diprediksi. Business Insider dalam laporannya tahun 2016 menjelaskan bahwa 80% perusahaan di dunia telah merencanakan untuk menggunakan chatbot pada tahun 2020. Penggunaan chatbot diklaim dapat meningkatkan sales atas penjualan. 

Menggunakan chatbot yang dikembangkan oleh Chatbiz.id, Perusahaan Kino berhasil melayani 30 persen total transaksi online. Transaksi tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp yang terintegrasi dengan chatbot. Bot tersebut secara konsisten telah berhasil menjaga average response time selalu dibawah 5 menit dengan bantuan Customer Chat Panel.

Chatbiz.id juga mengembangkan chatbot untuk e-commerce, yakni untuk Bajuyuli & Borongdong.id. Penggunaannya mendapatkan respon positif oleh Co-Founder-nya.

“Chatbiz.id memberikan kualitas pelayanan terbaik, fast response dan getting things done! Chatbiz.id benar-benar membantu saya mendapatkan chatbot yang sesuai untuk masalah bisnis saya,” ungkap Ghani Rozaqi, Co-Founder Bajuyuli & Borongdong.id.

Bidang Human Resources

Chatbot yang dapat berfungsi sebagai pusat informasi tentunya dapat membantu bagian HR di berbagai tugasnya. Bank Indonesia, telah menggunakan chatbot mulik Chatbiz.id untuk membantu bagian HR-nya. 

Divisi Knowledge Sharing Portal dari Bank Indonesia telah menggunakan Chatbot untuk pusat informasi layanan. Hal ini mempermudah pegawai baru untuk mengakses informasi perusahaan dalam waktu singkat

Untuk Pre-Sales

Solusindotama berhasil mempercepat proses kualifikasi customer leads hingga di bawah 3 menit dengan bantuan Chatbot. Proses kualifikasi dilakukan lebih cepat karena Chatbot langsung terintegrasi dengan Zoho Platform sehingga koordinasi bisa menjadi lebih terarah

Bidang  Organisasi Sosial

Organisasi non profit bergerak secara tidak komersial atau tidak menarik perhatian terhadap sesuatu yang bersifat mencari keuntungan. Penggunaan chatbot diklaim sangat berguna bagi organisasi sosial, karena memerlukan penyebaran informasi yang masif, serta membutuhkan data sukarelawan untuk bergerak. 

Penggunaan chatbot untuk organisasi sosial juga pernah dikembangkan oleh Chatbiz.id. Chatbot milik Chatbiz yang dirancang untuk ISSA (International Sport Science Association) mendapat respon positif.

“Chatbiz.id adalah platform yang cocok untuk memberikan informasi pada pengguna secara tepat waktu walaupun diluar jam kerja. Programnya mudah digunakan, dan pengguna  kami sangat senang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan setiap saat,” ujar Nurhayati, Community Liaison ISSA.

Artikel Lainnya
pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy