Head of Digital Marketing

Penerapan Machine Learning Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jika Anda sudah tahu apa itu AI dan Chatbot, tentu Anda akan melihat beberapa kata yang menyinggung tentang Machine Learning. Apa itu Machine Learning?

Machine Learning adalah sebuah aplikasi AI yang dapat secara otomatis belajar dan terus berkembang guna meningkatkan pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit (tidak di program secara berbelit). Machine Learning terjadi sebagai hasil dari menganalisis data-data yang ada dan berdatangan.

Dalam proses analisis data tersebut, Machine Learning akan melatih algoritma dan menghasilkan model dari Machine Learning itu sendiri, dan model tersebut akan digunakan dalam pengambilan keputusan kedepannya. Sekarang, apa hubungannya Machine Learning dengan Chatbot?

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Machine Learning adalah salah satu teknologi yang palng berpengaruh dan kuat saat ini. Jika dilihat dari efeknya saat ini, potensi perkembangan Machine Learning di masa depan sangat baik. Dalam 50 tahun terakhir, terjadi ledakan data yang sangat besar.

Machine Learning digunakan untuk mempelajari dan menganilis data-data tersebut dan menggunakannya untuk pengambilan keputusan yang kompleks.

Penerapan Machine Learning

Machine Learning memang sedikit sulit untuk di pahami dan sering menimbulkan kebingungan. Akan lebih mudah jika membahasnya dengan melihat penerapannya langsung. Berikut adalah contoh penerapan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bidang Computer Vision

Machine learning yang dimanfaatkan dalam suatu aplikasi yang dapat mengenali wajah seseorang. Anda dapat menemukan hal ini dalam media sosial, CCTV, dan bahkan smartphone yang sedang Anda pegang sekarang.

Lalu ada juga Machine Learning yang digunakan dalam pendektesian tulisan tangan menjadi teks dalam penterjemahan. Hal-hal ini adalah contoh dari penerapan Machine Learning dalam Bidang Computer Vision

2. Bidang Informasi Retrival

Masih berhubungan dengan penterjemah, bedanya kali ini untuk menerjemahkan bahasa menggunakan komputer. Machine Learning mampu membantu menerjemahkan bahasa dengan mengubah suara menjadi teks dan juga filter anti spam dalam platform email.

3. Bidang Kedokteran

Penerapan Machine Learning di bidang kedokteran dapat berupa deteksi penyakit pasien dengan mempelajari data-data yang berhubungan dengan gejala yang ditunjukan. Misalnya mendeteksi sakit jantung yang dilihat dari hasil rekaman elektrokardiogram.

4. Speech Understanding

Anda pernah menggunakan Assistant pada smartphone hanya dengan menggunakan suara? Maka Anda sudah berhubungan langsung dengan Machine Learning. Pada penerapan Speech Understanding, Machine Learning akan mengingat dan memproses suara Anda, sehingga Anda tidak akan perlu repot mengetik, hanya cukup mengucapkan apa yang kita cari atau apa yang kita butuhkan. Dalam seketika apa yang Anda cari akan muncul di layar smartphone Anda.

5. Recommendation Search Pada Google

Sepertinya ini yang paling sering ditemui oleh Anda. Mesin Pencari Google. Saat Anda mengetik sesuatu di dalam kolom search Google, maka Google akan memunculkan rekomendasi dari hal yang sedang Anda cari. Jika Google Anda sedang Log-in, maka Google juga akan menampilkan hasil pencarian yang pernah Anda cari.

Sebetulnya tidak hanya Google Search, penerapan recommendation search juga sering ditemukan di Facebook saat Anda sedang mencari seseorang, atau pada saat Anda sedang mencari produk di salah satu marketplace.


img

Setelah kita mengetahui apa itu Machine Learning dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan sadar bahwa mesin pun terus belajar, sama seperti manusia. Semua ini berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Saat ini, jika kita tidak memanfaatkan setiap teknologi terbaru, maka dapat dipastikan kita akan tertinggal jauh, apalagi jika Anda adalah seorang pelaku usaha.

Selalu gunakan teknologi terbaru seperti Virtual Assistant berbasis AI dari Chatbiz untuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggannya hingga 90%.

cover

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy