Head of Digital Marketing

Manfaat dari Virtual Assistant Berbasis AI Untuk Bisnis di Era Digital 2020

Tahun 2020 sudah memasuki bulan ke dua. Pada saat ini, era dunia digital sudah sangat berkembang pesat. Dari mulai sistem pembayaran digital yang praktis, transportasi online yang semakin mudah digunakan, dan juga penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran AI di kehidupan sehari-hari manusia memiliki dampak yang positif, walaupun banyak isu miring tentang AI yang akan menggantikan manusia, namun sebetulnya semua itu hanya mitos (baca artikel ini jika Anda ingin tahu tentang 6 mitos AI).

AI dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Setiap orang sering menggunakan bantuan AI ketika akan memutuskan suatu hal atau tugas-tugas tertentu, dengan begitu AI tersebut akan menjadi Assistant dari orang tersebut yang dapat disebut sebagai AI-Powered Virtual Assistant atau Intelligent Virtual Assistant (IVA).

Intelligent Virtual Assistant memiliki fungsi yang sangat bervariasi, dari mulai membacakan pesan sampai mengontrol sebuah Smart Home yang di dalamnya terdapat perangkat-perangkat pintar yang terkoneksi dengan Intelligent Virtual Assistant tersebut.

Lalu bagaimana dengan penggunaan Intelligent Virtual Assistant dalam dunia bisnis? tentunya akan berdampak besar, semua tugas administrasi yang berhubungan dengan bisnisnya seperti membalas pesan pelanggan, mengelola stok barang dan melakukan analisa data penjual dapat dimudahkan oleh kehadiran Intelligent Virtual Assistant. Berikut adalah keunggulan yang dimiliki oleh Intelligent Virtual Assistant ketika terintegrasi dengan bisnis:

1. Konsisten

img

Intelligent Virtual Assistant adalah suatu sistem yang diprogram oleh manusia untuk melakukan tugas-tugas tertentu, dan tentunya tidak akan berubah jika tidak di inginkan oleh manusia yang bersangkutan. Dengan begitu, Intelligent Virtual Assistant akan terus konsisten dalam melakukan pekerjaannya dan meminimalisir kesalahan dan resiko sekecil mungkin.

2. Akurat

img

Selain konsisten, tentunya Intelligent Virtual Assistant akan bertindak secara akurat berdasarkan susunan program yang sudah dibuat. Selain itu, Intelligent Virtual Assistant juga akan mempelejari setiap data yang ada terus berkembang sehingga pekerjaannya semakin akurat dan sistematis.

3. Cepat

img

Dalam dunia bisnis, kecepatan adalah segalanya. Semakin cepat, semakin efektif waktu terpakai, yang berarti semakin banyak keuntungan yang masuk. Sifat konsisten dan teliti yang dimiliki oleh Intelligent Virtual Assistant dalam bertindak akan mempermudah dalam pengambilan keputusan berdasarkan data-data yang di dapat dari permasalahan yang ada.

4. Energi tanpa batas

img

Salah satu permasalahan manusia adalah lelah. Ketika lelah, manusia cenderung tidak dapat berpikir jernih dan akhirnya berdampak tidak baik terhadap pekerjaan atau keputusan yang ia buat. Intelligent Virtual Assistant tidak mengenal yang namanya lelah, dia akan terus bekerja tanpa mengenal waktu. Dengan begitu, bisnis yang terintegrasi dengan Intelligence Virtual Assistant akan terus berjalan bahkan di hari libur sekalipun, yang tentunya akan berdampat baik bagi pertumbuhan omzet bisnis tersebut.


Dengan 4 kelebihan tersebut, dapat dipastikan roda bisnis yang kita miliki akan terus berjalan, tidak ada kata berhenti, tidak ada kerugian, yang ada hanya hal-hal baik. Integrasi bisnis dengan Intelligent Virtual Assistant juga akan meningkatkan kemampuan dan kinerja dari bisnis itu sendiri. Dengan kemampuan yang tinggi dan kinerja yang bagus, klien pun akan merasa senang ketika sedang berinteraksi dengan bisnis kita. Dengan begitu daya saing bisnis akan meningkat drastis dan bisnis kita akan mendapatkan posisi teratas di era yang serba digital saat ini.

Hal-hal di atas tentunya berlaku untuk bisnis berskala besar maupun kecil. Untuk bisnis yang kecil tentunya akan merasakan manfaat yang sangat besar dalam pengembangan bisnisnya. Seorang pemilik bisnis yang sedang berkembang harus mengurus semuanya sendirian karena belum memiliki resources yang cukup untuk membantunya mengelola bisnis, dan seketika pekerjaannya semakin banyak, permintaan produksi semakin tinggi dari konsumen, si pemilik bisnis tersebut akan kewalahan, karena energinya terbatas. Di momen-momen seperti itu, kehadiran Intelligent Virtual Assistant akan menjadi solusi yang sangatlah efektif.

Ingin Menggunakan Virtual Assistant Berbasis AI Untuk Bisnis Anda?

img

Jika Anda tertarik untuk menggunakan atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu tentang Virtual Assistant berbasis AI dari Chatbiz, silahkan klik link dibawah ini.

HUBUNGI KAMI