Lebih Dekat dengan Chatbiz.id, Platform Chatbot Indonesia

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

    Kemajuan teknologi  merevolusi cara kita hidup kita, salah satunya dengan keberadaan chatbot. Mungkin kita sudah akrab dengan penggunaan chatbot sebagai substitusi customer service dalam dunia bisnis. Chatbot dengan sistem otomasinya, mampu menjawab pertanyaan customer dalam waktu yang cepat dan akurat. 

    Chatbots belakangan mendapatkan daya tarik berbagai bidang, mulai dari ritel, media berita, media sosial, perbankan, dan layanan pelanggan. Banyak orang yang tanpa mereka sadari terlibat dengan chatbot setiap hari di ponsel.  

    Chatbot adalah program yang dapat mensimulasikan interaksi nyata dengan manusia melalui obrolan antarmuka (conversational user interface). Dengan kata lain, chatbot adalah layanan yang dapat berkomunikasi dengan kita layaknya manusia sungguhan.

    Perkembangan Chatbot

    Konsep kerja seperti chatbot sudah ada jauh sejak 1966. Menurut Futurism.com, tahun 1966  Eliza menciptakan program yang dapat meniru percakapan manusia. Tentunya program ini masih sangat sederhana dengan menggunakan petunjuk melalui tanggapan yang dituliskan

    Hingga tahun 2000-an, chatbot banyak digunakan untuk layanan pelanggan. Terutama untuk menjawab panggilan yang masuk ke hotline perusahaan.

    Awalnya percakapan melalui chatbot sangat kaku, karena programnya sangat sederhana dan perkembangan teknologi masih terbatas. Kala itu, chatbot hanya mampu menjawab dan mengarahkan pelanggan menuju saluran yang diinginkan.

    Pada tahun 2000-an, chatbot tidak hanya dimanfaatkan sebagai menjawab interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. Chatbot dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi instant messaging yang banyak digunakan masyarakat, contohnya WhatsApp Bot. 

    Tahun 2019, kehadiran chatbot semakin meramaikan industri digital. Chatbot banyak digunakan untuk bisnis karena diklaim dapat mengefisiensi kerja serta dapat meningkatkan penjualan. Alhasil, kini chatbot menjadi bagian tim marketing untuk memasarkan produk, serta meningkatkan sales karena berpotensi menjangkau leads.

    Chatbot  Milik Chatbiz.id

    Fitur yang dimiliki chatbot akan selaras dengan tujuan penggunaannya. Namun, terdapat beberapa fungsi yang umumnya dimanfaatkan dalam penggunaan chatbot dalam berbagai bidang. 

    Chatbiz.id menjadi penyedia layanan yang dapat Anda andalkan dalam mengembangkan bisnis atau apapun hal yang tengah Anda rintis. Dalam konteks bisnis, chatbot milik Chatbiz.id tidak hanya menyediakan solusi platform untuk customer service otomatis, tetapi juga dapat memastikan bisnis Anda terjaga dan berkembang. 

    Berikut beberapa keunggulan chatbot yang dikemabangkan oleh Chatbiz.id:

    • Sesuai Trend

    Trend beraktivitas secara online menjadi keseharian kita selama pandemi. Menggunakan chatbot miliki Chatbiz.id, tentunya membuat bisnis Anda tetap dilirik karena tidak ketinggalan teknologi dan trend terkini. 

    Data oleh ComScore mengatakan bahwa sekitar 65 persen pengguna smartphone jarang mengunduh aplikasi baru. Hal ini dikarenakan mereka sudah memiliki aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan mereka seperti WhatsApp, Facebook, Telegram, dan lainnya. Mereka akan enggan mengunduh aplikasi baru hanya untuk menghubungi Anda.

    Chatbot milik Chatbiz.id menerapkan ekosistem omnichannel, sehingga dapat diintegrasikan ke berbagai aplikasi perpesanan. Tentunya, ini menjadi nilai plus yang lebih ketimbang bila pelanggan harus meng-install aplikasi baru.

    • Tersedia 24 Jam Non Stop

    Selain pesan dapat dibalas secara otomatis, tentunya pesan yang masuk juga dapat dibalas tanpa batasan waktu. Chatbot dapat bekerja 24/7 tanpa henti dan tanpa lelah.

    Dalam hal ini, chatbot dapat melayani pelanggan secara efektif dan berdampak pada peningkatan penjualan. Manfaat ini tentu akan Anda dapatkan bila mengembangkan chatbot melalui Chatbiz.id

    • Chatbot Terintegrasi dengan Chat Panel dan Analytic Dashboard

    Fitur chatbot milik Chatbiz.id terintegrasi dengan chat panel serta analytic dashboard. Hal ini memungkinkan tim marketing dapat memantau update chat dari konsumen dan mengotomasi proses marketing langsung dalam satu tempat. 

    Chatbot dari Chatbiz.id juga memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan manusia. Untuk hal ini, chatbot milik Chatbiz.id bisa diatur dalam suatu dashboard, sehingga Anda dapat terus memantau dan berkolaborasi dengan bot yang bersangkutan. 

    • Memberikan Informasi Tentang Customer

    Chatbot milik Chatbiz.id juga dapat mengetahui data customer melalui analytic dashboard. Tentunya, melalui data tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dan acuan untuk meninjau strategi marketing kedepannya.

    Menggunakan chatbot milik Chatbiz.id, Anda juga dapat memahami pola permintaan pelanggan, sehingga membantu perencanaan bisnis kedepannya. Dalam kata lain, Anda dapat melacak perintah dan tanggapan yang diberikan oleh pengguna ke chatbot. Melalui itu, Anda akan mendapatkan insight untuk mengoptimalisasi beberapa produk atau layanan bisnis. 

    • Mudah Digunakan

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, chatbot milik Chatbiz.id tergabung dalam ekosistem omnichannel, yang artinya dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi perpesanan. Karena dapat diintegrasikan ke dalam WhatsApp, Line, Telegram, bahkan ke dalam website dalam bentuk live chat, menjadikan chatbot milik Chatbiz.id mudah digunakan. 

    • Komitmen 99% Uptime

    Selain itu, Tim Chatbiz.id menjamin komitmen 99% uptime. Artinya kami menjamin layanan Chatbiz.id akan selalu jalan setiap bulan nya. Kalaupun ada waktu down, hanya 1% dari jumlah waktu dalam satu bulan. 

    • Konsultasi Gratis dengan Ahli 

    Chatbiz.id memberikan fasilitas konsultasi dengan ahli terkait chatbot yang sesuai dengan kebutuhan client. Tentunya ini akan sangat membantu client menentukan chatbot yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

    • Verifikasi WhatsApp

    Chatbiz.id juga memberikan bantuan untuk verifikasi akun WhatsApp Anda bila hendak mengintegrasikan chatbot dengan WhatsApp. Dalam kata lain, kami membantu Anda untuk mendapatkan centang hijau atau WhatsApp yang verified. 

    Apa Kata Mereka tentang Chatbot Milik Chatbiz.id?

    Chatbiz,id merupakan penyedia layanan chatbot terpercaya sejak tahun 2019. Hingga kini Chtabiz.id sudah mengembangkan banyak chatbot untuk perusahaan nasional dan multinasional. 

    Hingga kini, Chatbiz.id telah dipercaya berbagi perusahaan nasional maupun internasional. Chatbot yang dikembangankan Chatbiz.id di berbagai perushaaan mencakup berbagai bidang. Berikut beberapa penggunaan chatbot milik Chatbiz.id di berbagai bidang sekaligus tanggapan client yang bersangkutan

    Bidang Pariwisata

    Perusahaan travel yang bergerak online akan sangat menyederhanakan perencanaan perjalanan pelanggannya. Publikasi oleh Theappsolution, kini 84 persen wisatawan menggunakan agen perjalanan online untuk melakukan pemesanan. Namun, 62 persen wisatawan sulit menemukan kesepakatan yang tepat. 

    Menggunakan chatbot milik Chatbiz.id, Baraya Travel berhasil memproses puluhan ribu percakapan terkait pemesanan tiket, pengiriman paket/kargo, promosi dan pariwisata. Hal tersebut berhasil atas kolaborasi antara chatbot bernama Pamela dengan tiga agents lainnya. 

    Selain itu, penggunaan chatbot oleh Baraya Travel sangat menghemat waktu konsumen. Penyelesaian masalah konsumen yang sebelumnya membutuhkan waktu 60 menit berkurang drastis menjadi kurang dari 10 menit.

    Bidang Retail

    Maraknya penggunaan chatbot ini sudah diprediksi. Business Insider dalam laporannya tahun 2016 menjelaskan bahwa 80% perusahaan di dunia telah merencanakan untuk menggunakan chatbot pada tahun 2020. Penggunaan chatbot diklaim dapat meningkatkan sales atas penjualan. 

    Menggunakan chatbot yang dikembangkan oleh Chatbiz.id, Perusahaan Kino berhasil melayani 30 persen total transaksi online. Transaksi tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp yang terintegrasi dengan chatbot. Bot tersebut secara konsisten telah berhasil menjaga average response time selalu dibawah 5 menit dengan bantuan Customer Chat Panel.

    Chatbiz.id juga mengembangkan chatbot untuk e-commerce, yakni untuk Bajuyuli & Borongdong.id. Penggunaannya mendapatkan respon positif oleh Co-Founder-nya.

    “Chatbiz.id memberikan kualitas pelayanan terbaik, fast response dan getting things done! Chatbiz.id benar-benar membantu saya mendapatkan chatbot yang sesuai untuk masalah bisnis saya,” ungkap Ghani Rozaqi, Co-Founder Bajuyuli & Borongdong.id.

    Bidang Organisasi Sosial

    Organisasi non profit bergerak secara tidak komersial atau tidak menarik perhatian terhadap sesuatu yang bersifat mencari keuntungan. Penggunaan chatbot diklaim sangat berguna bagi organisasi sosial, karena memerlukan penyebaran informasi yang masif, serta membutuhkan data sukarelawan untuk bergerak. 

    Penggunaan chatbot untuk organisasi sosial juga pernah dikembangkan oleh Chatbiz.id. Chatbot milik Chatbiz yang dirancang untuk ISSA (International Sport Science Association) mendapat respon positif.

    “Chatbiz.id adalah platform yang cocok untuk memberikan informasi pada pengguna secara tepat waktu walaupun diluar jam kerja. Programnya mudah digunakan, dan pengguna  kami sangat senang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan setiap saat,” ujar Nurhayati, Community Liaison ISSA.

    Mulai Gunakan Chatbot melalui Chatbiz.id

    Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, chatbot memiliki banyak manfaat untuk apapun jenis organisasi ataupun bisnis yang tengan Anda rintis. Chatbot dapat membuat pengembangan bisnis Anda lebih mudah. 

    Dilengkapi dengan testimoni di berbagai bidang, Chatbiz.id tentunya mampu mewujudkan chatbot impian Anda. Seperti yang dikatakan Ghani Rozaqi, Co-Founder Bajuyuli & Borongdong.id, sebelumnya:

    “Chatbiz.id benar-benar membantu saya mendapatkan chatbot yang sesuai untuk masalah bisnis saya,” 

    Jangan pusing bila Anda masih bingung. Kami menyediakan layanan konsultasi dengan ahli, dan tanpa dipungut biaya agar Anda menemukan bentuk yang cocok, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

    Untuk mengembangkan chatbot menggunakan Chatbiz.id, Anda hanya perlu menyiapkan empat syarat, yakni:

    1. Dokumen yang menyatakan bahwa bisnis Anda sudah berbadan hukum

    2. Alamat website resmi

    3. Alamat e-mail perusahaan

    4. Gambaran tentang bot yang ingin gunakan untuk bisnis 

     

    chatbot

     

    pengalaman

    5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy