Keunggulan dan Prospek Chatbot untuk Marketing

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Tahukah Anda bahwa menggunakan Chatbot untuk otomasi dan kelola proses marketing dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa?


Kita hidup di zaman digital yang dalam berbagai aspek kehidupan memanfaatkan teknologi. Termasuk dalam dunia bisnis. Kini pembelian dan kepuasan pelanggan bergantung pada pada pengalaman servis yang diterimanya. 

Ekspektasi pelanggan yang tak terbatas serta sulit bagi mereka untuk menyampaikannya setiap saat. Agar pelanggan tetap puas, tidak mungkin hanya dilakukan dengan upaya manusia saja.

Chatbot, sebagai salah satu solusi, memungkinkan para pebisnis untuk mencapai kepuasan pelanggan tersebut. Berikut merupakan keunggulan penggunaan chatbot dalam dunia marketing:

Keunggulan Chatbot untuk Marketing

Menjangkau Potential Customers

Perusahaan biasanya menjangkau potential customer menggunakan iklan ataupun flyer. Chatbot tentunya juga melakukan marketing tersebut. 

Chatbot dapat terintegrasi dengan iklan pop up. Hanya dengan mengetuk pop up tersebut, chatbot dapat memperkenalkan produk atau layanan, bahkan dapat mengarahkannya pada laman utama perusahaan. 

Menghasilkan Leads melalui pengunjung digital

Lead merupakan orang yang memiliki ketertarikan atas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan/brand. Lead sangat berpotensi untuk menjadi customer. Menggunakan chatbot, kita dapat mengetahui karakteristik lead tersebut. 

Chatbot dapat menganalisis karakteristik dengan:

  • Memahami audiens dengan mengajukan pertanyaan dan survei

  • Memberikan informasi tentang produk dan layanan

  • Mengumpulkan informasi customer meliputi nama, email, nomor telepon serta alamat tanpa harus mengisi formulir

  • Memberikan informasi relevan customer lainnya, seperti usia, minat, negara, dan lainnya

Memberikan Informasi pada Customer

Chatbots dapat mengidentifikasi jenis informasi apa yang dibutuhkan customer dengan mengetikkan pertanyaan sederhana. Chatbot juga dapat mengarahkan customer ke website utama perusahaan berdasarkan tanggapan mereka. 

Selain itu, tentunya chatbot dapat merespon pertanyaan customer secara cepat bahkan pada waktu kapanpun karena sudah tersistem otomatis.

Dapat Membuat Jadwal Appointment

Chatbot memberikan informasi tentang lokasi perusahaan, toko, jam kerja, serta jadwal appointment yang tersedia. Pengguna dapat menjadwalkan appointment untuk membeli produk atau mencoba layanan dengan mendatangi langsung lokasi bisnis.

Mengaktifkan Layanan Omnichannel Instan Customer 

Chatbot sangat dapat meningkatkan pengalaman online customer, salah satunya dengan memberikan layanan pesan 24/7 yang responsif serta memuat informasi yang akurat.

Mengumpulkan Review dari Customer 

Review menjadi hal yang penting dalam strategi marketing. Review baik ataupun buruk sama-sama memiliki manfaat bagi bisnis. Review bagus dari customer akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi  bisnis. Sedangkan review buruk dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan performa bisnis. 

Dengan menggunakan chatbot, perusahaan dapat mengumpulkan data customer baik melalui percakapan ataupun survei yang diarahkan. 

Lalu Bagaimana Prospek Chatbot dalam Dunia Marketing?

Berbagai perusahaan dan brand sudah menggunakan chatbot untuk efisiensi kerjanya. Perkembangan teknologi dan digitalisasi membuat chatbot sangat berpotensi untuk digunakan kedepannya. 

Chatbot memberikan kemudahan dengan berintegrasi dengan aplikasi lain. Hal tersebut membuat penggunaan chatbot dapat diterima secara luas. 

Berdasarkan survei oleh Research.aimultiple.com, menggambarkan bahwa customer lebih nyaman menggunakan chatbot

Statistik mereka menunjukkan:

  •  34% responden lebih memilih berbicara dengan chatbot ketimbang menggunakan live agent untuk berbelanja

  • 33% menggunakan chatbot untuk melakukan reservasi dan pemesanan

  • 47% konsumen akan membeli produk melalui chatbot

  • 67% generasi muda membeli produk/layanan melalui chatbot 

Bila anda merupakan pelaku bisnis online, apakah anda sudah menggunakan chatbot?

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy