Customer Service WhatsApp Bot: Rahasia Meningkatkan Penjualan Bisnis

Faisal Sugangga
Daftar Isi

      Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda? Maka hal-hal berikut perlu Anda ketahui.

      Tahukah Anda bahwa 52% konsumen mengatakan bahwa Customer Service sangat berpengaruh besar bagi keputusan pembelian mereka? (sumber: Facebook Business Insight 2021)

      Jika bisnis tidak melakukan inovasi terutama dalam bidang Customer Service, maka dapat dipastikan konsumen akan melarikan diri ke bisnis lain yang Customer Servicenya lebih baik daripada milik bisnis Anda.

      Hal paling berpengaruh terhadap keputusan pembeli

      Customer Service, terdengar sederhana namun sebetulnya posisi ini sangat vital, yaitu menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggan kita, memberikan informasi secepatnya dan mengarahkan ke pembelian. Respon dari Customer Service perlu diperhatikan agar kepuasan pelanggan terus meningkat dan tidak akan ragu untuk kembali membeli produk kita.

      Masalahnya, manusia memiliki keterbatasan, salah satunya adalah energi. Tidak ada manusia yang dapat bekerja 24/7 secara penuh. Padahal, konsumen saat ini mengharapkan bisnis untuk terus menyediakan Customer Service selama 24/7 jam. Menurut survey yang dilakukan oleh Oracle, 50% pelanggan berkata bahwa bisnis harus buka 24/7 jam. 

      Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah, sistem kerja shift (terdapat beberapa customer service. Ada yang bekerja pagi, dan ada yang bekerja malam), namun sistem kerja shift ini tentunya akan membengkakan anggaran bisnis Anda.

      Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah Customer Service Bot.

      Sekarang, kenapa harus Customer Service Bot? Apa kelebihannya selain dapat bekerja 24/7 jam?

      Tahukah Anda bahwa konsumen saat ini sangat suka dengan segala sesuatu yang instan? Betul, salah satunya adalah Jawaban Instan.

      69% konsumen menyatakan mereka menyukai jawaban instan dari Chatbot (sumber: ubisend.com), karena itu sangat membantu mereka dan tentunya akan mempercepat keputusan pembelian mereka.

      Dan 89% dari mereka mengatakan bahwa tanggapan instan tersebut sangat berarti penting bagi mereka, yang artinya hal tersebut akan memberikan dampat positif bagi penjualan bisnis Anda. Membuat konsumen melakukan pembelian berulang terhadap produk Anda adalah sesuatu yang sangat bagus, bukan?

      Bahkan, dari sebuah studi kasus yang dilakukan terhadap perusahaan yang menyediakan transportasi dengan bantuan customer service bot, mereka telah mengalami hal-hal berikut:

      • Peningkatkan pemesanan sebesar 24.94%,

      • Penghematan biaya sebesar 14,479,023,000, dan

      • Peningkatkan pemesanan tiket sebanyak 29.71% !

      Dimana Tempat Terbaik untuk Menggunakan Customer Service Bot?

      Jika berbicara tempat terbaik untuk menggunakan Chatbot, maka jawabannya akan berbeda-beda. Beda negara, beda juga tempat terbaiknya. Hal ini karena setiap negara memiliki behaviournya masing-masing.

      Jika di Indonesia, maka tempat terbaik untuk menggunakan Chatbot adalah di aplikasi chatting terfavorit, yaitu WhatsApp.

      data-pengguna-whatsapp-di-Indonesia

      Menurut data Digital Report 2019 yang dikeluarkan oleh Hootsuite, pengguna whatsapp di Indonesia adalah sebanyak 143 juta pengguna atau sekitar 83% dari penduduk Indonesia. Dengan begitu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna whatsapp paling banyak di dunia.

      Saya Tertarik Untuk Membuat Customer Service Bot Saya Sendiri, Bagaimana Caranya?

      Walaupun cukup rumit untuk membuat Chatbot sendiri, namun ini yang harus Anda siapkan jika ingin membuat WhatsApp Chatbot Anda sendiri:

      1. Anda Membutuhkan Whatsapp Business API


        Application Program Interface (API) adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method, atau URL endpoint) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform atau lintas platform.


        Jadi, WhatsApp Business API dirancang agar para pengembang dapat mengembangkan WhatsApp sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih efisien, contohnya dengan menggunakan chatbot.


        WhatsApp Business API bukan aplikasi seperti yang terdapat di AppStore atau Playstore, dalam menggunakannya.


        Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API?

        WhatsApp Business API hanya dapat di akses oleh partner Facebook atau akun yang sudah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu melalui beberapa proses.


        Untuk melakukan verifikasi, banyak proses yang harus Anda lalui, seperti memasukan detail-detail tentang perusahan yaitu surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan lain-lain. Lengkapnya dapat Anda lihat.


        Setelah itu, Anda juga harus menunggu beberapa minggu untuk hasil dari proses verifikasi itu sendiri, dan ada kemungkinan bisnis Anda gagal terverifikasi.


        Dan tentu saja, Anda juga harus membutuhkan seseorang yang paham akan WhatsApp Business API itu sendiri untuk membuat chatbot bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau.

      2. Anda membutuhkan Izin Pendirian Perusahaan, Website Resmi dan E-mail Perusahaan


        Facebook sebagai partner dari WhatsApp itu sendiri mengharuskan setiap bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp Bot haruslah memiliki Izin Pendirian yang valid, seperti:

      • Usaha yang sudah berbadan hukum, berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi, atau minimal berbentuk UD (Usaha Dagang)

      • Website/domain resmi perusahaan

      • Email perusahaan

      Untuk tata cara pendirian badan usaha, Anda dapat melihatnya di sini -> https://izin.co.id/artikel/syarat-pendirian-pt.php

      Bukankah Lebih Mudah untuk menghubungi penyedia layanan Bot?

      Anda mungkin tidak salah tentang hal itu.

      Jika bisnis Anda telah memiliki Izin Pendirian Perusahaan, Website Resmi dan E-mail Perusahaan, maka dengan penyedia layanan Chatbot seperti Chatbiz.id, Bot WhatsApp (atau di aplikasi chatting lain seperti Telegram, Line atau Facebook Messenger) untuk bisnis Anda dapat langsung selesai semua sampai selesai dan siap digunakan dalam 1 minggu saja (estimasi).

      whatsapp-bot

      Apa yang harus saya siapkan untuk membuat WhatsApp Bot dengan Chatbiz?

      1. Dokumen yang menyatakan bahwa bisnis Anda telah berbadan hukum.

      2. Alamat website resmi

      3. Alamat e-mail perusahaan

      4. Gambaran tentang Bot seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk bisnis Anda.

      Jika tertarik untuk menggunakan Chatbot. Silahkan hubungi Chatbiz.id dengan mengklik tautan gambar di bawah ini.

      customer-service-bot

      Artikel Lainnya

      Chatbot untuk Sektor Pendidikan (Sekolah)

      Chatbot untuk Bisnis Travel

      pengalaman

      5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy