Chatbot untuk Sektor Pendidikan (Sekolah)

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Pernahkah Anda membayangkan bila chatbot digunakan untuk sekolah? Apakah bisa?

Tentu saja bisa! Menurut Acquire.io, penggunaan chatbot untuk sektor pendidikan dapat sangat meningkatkan kualitas pendidikan, serta dapat mendidik masyarakat umum.

Chatbots untuk sekolah, dapat digunakan melalui aplikasi ataupun website resmi milik sekolah. Ataupun melalui aplikasi perpesanan seperti Facebook Messenger , WhatsApp, dan lainnya.  Chatbot tersebut dapat diakses oleh siswa guru, staf sekolah, bahkan orang tua siswa.

Chatbot untuk Sektor Pendidikan Ternyata Memberikan Banyak Sekali Manfaat

Menurut penelitian Chatbotslife.com tahun 2019, pendidikan adalah salah satu dari lima industri teratas yang mendapat manfaat dari chatbot.

Dalam penggunaannya chatbot dapat diakses siswa sebelum, selama, bahkan saat di luar kelasnya. Chatbot juga dapat memberikan feedback pada presentasi, akses ke berbagai referensi dan contoh yang digunakan selama pelajaran , serta informasi dan pemberitahuan tentang kelas.

Pada tahun 2019 laporan bertajuk  Chatbot 2019 Trends and Stats with Insider Report  merilis hasil jajak pendapat 700 lebih siswa tentang pengalaman mereka menggunakan sebuah chatbot sekolah. 99 persen siswa mengatakan mereka puas penggunaan chatbot. Sekitar 63 persen mengatakan menginginkan chatbots terintegrasi ke dalam semua kelas mereka.

Contoh penggunaan chatbot lainnya adalah kisah Jill Watson, asisten AI yang dikembangkan oleh Ashok Goel. Jill dikembangkan untuk membantu mengelola luapan pertanyaan siswa yang sulit ditangani pengajar. 

Manfaat Chatbot dalam Sektor Pendidikan

Chatbots dapat digunakan dalam berbagai cara dan untuk beragam tujuan, tetapi manfaatnya cenderung digunakan untuk hal yang sama. Berikut manfaat penggunaan chatbot untuk sekolah:

  • Memberikan Informasi yang akurat

    Informasi yang dipertukarkan dari mulut ke mulut, bisa saja terdistorsi sehingga keakuratannya kurang terjamin, bahkan bisa berubah menjadi informasi yang salah. Menggunakan chatbot, siswa bisa mendapatkan jawaban yang akurat.

  • Komunikasi tepat waktu

    Sayangnya sebagian besar sekolah tidak bisa beroperasi 24/7.  Chatbots adalah solusi siswa dan orang tua untuk mendapatkan jawaban secara instan kapan pun. 64 persen pengguna internet menganggap layanan 24 jam adalah fitur terbaik dari chatbot

  • Melayani beberapa siswa secara bersamaan

    Chatbot dapat menjawab pertanyaan dari banyak siswa sekaligus tanpa harus mengantri.  Tidak seperti manusia, chatbots memiliki kesabaran tak terbatas dan tidak peduli berapa kali siswa yang sama mengajukan pertanyaan yang sama. Hal ini akan cukup menguras tenaga bila dilakukan secara konvensional.

  • Jangkauan yang Luas serta Pesan yang dipersonalisasi

    Sekolah mengirim pesan penting kepada siswa seperti proses pendaftaran, pengingat pembayaran, perubahan jadwal, dll.  Chatbot memungkinkan Anda untuk dapat mengirimkan pemberitahuan secara luas. Untuk setiap pesannya Anda juga dapat mempersonalisasikannya ke setiap siswa.

Apa yang Dapat Dilakukan Chatbot?

Bila  Anda bertanya-tanya lebih spesifik tentang apa yang dapat dilakukan chatbots untuk institusi pendidikan, berikut adalah enam kasus penggunaan chatbot untuk sektor pendidikan secara umum:

Memberikan Siswa Akses Informasi

Siswa, terutama pada waktu-waktu tertentu  memiliki banyak pertanyaan tentang rencana pelajaran, kelas, jadwal, ataupun peraturan baru sekolah mereka. Seperti pada waktu awal semester atau saat memulai tahun akademik baru. Tentunya butuh waktu dan energi yang cukup banyak bagi guru untuk menjawab pertanyaan ratusan siswa satu per satu. 

Chatbots untuk pendidikan dapat diprogram oleh untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa tersebut. Seperti:

  • Jam berapa pelajaran kimia dimulai?

  • Bisakah saya jadwal kelas 6 tahun akademik 2021/2022?

  • Siapa yang mengajar kelas matematika?

  • Kapan tahun akademik baru dimulai?

Selain itu, siswa baru dapat mengandalkan chatbot sekolah untuk membantu mereka beradaptasi di sekolah baru. Chatbot dapat digunakan untuk menemukan jalan di sekitar kelas, menemukan fasilitas sekolah, serta mendaftar untuk kegiatan yang mungkin menarik bagi mereka.

Memberikan Informasi Administratif

Baik di sekolah menengah atau pendidikan tinggi, chatbots untuk pendidikan diprogram untuk menjawab pertanyaan umum dan membantu siswa (atau calon siswa) dengan topik administratif, seperti:

  • Apa saja yang harus saya siapkan untuk melakukan pendaftaran ulang tahun akademik baru?

  • Kapan uang sekolah paling lambat harus dibayarkan?

  • Apakah sekolah tutup besok?

Manfaat 24/7 yang kami sebutkan di atas juga sangat penting dalam kasus ini, mungkin lebih.  Chatbot akan sangat membantu ketika orang tua dan siswa memiliki banyak pertanyaan yang dapat membuat karyawan sekolah kewalahan. 

Fitur Pengingat yang Proaktif

Chatbot tidak hanya digunakan untuk menjawab pertanyaan, sekolah dapat menggunakannya untuk mengirim pengingat, berita, atau pesan sekaligus ke seluruh siswa.  Ini bisa menjadi bantuan yang sangat bermanfaat bagi siswa, karena dapat mengetahui informasi penting secara cepat. 

Chatbot juga dapat memberikan reminder personal kepada siswa, seperti “Anda memiliki ujian Bahasa Inggris hari ini!”

Dapat Menjadi Tutor Pribadi

Chatbots untuk pendidikan yang lebih kompleks, dapat menilai gaya belajar dan kemampuan siswa yang menggunakannya. Dengan cara ini mereka dapat menyesuaikan pelajaran untuk setiap siswa untuk membantu mereka belajar lebih mudah. Ini dapat membantu meringankan kesulitan setiap siswa sekaligus dapat membantu mereka belajar dengan kecepatan yang mereka sukai.

Membantu Guru dalam Mengajar

Chatbot dapat membantu guru perihal pengolahan tugas ataupun urusan administratif lainnya. Chatbot juga dapat membantu guru membuat rencana dan materi pembelajaran yang lebih rinci. Lebih khusus lagi, guru dapat menggunakan chatbots untuk melacak kehadiran dan informasi tentang siswanya.

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy