Chatbot untuk Bisnis Travel

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Penggunaan chatbot kian meningkat. Dalam dunia bisnis, chatbot kini bisa bersanding dengan manusia untuk menghadirkan layanan yang lebih baik untuk pelanggan. Chatbot dapat dimanfaatkan untuk bisnis travel.

Chatbot  untuk bisnis travel sangat bermanfaat bagi pelanggan mulai dari perencanaan travel. Sebelum menikmati waktu bersantai di pantai, ataupun staycation di hotel yang nyaman, pengguna perlu meluangkan waktu untuk menemukan akomodasi yang sesuai dengan budget.

Keterbatasan interaksi akibat pandemi Covid-19 membuat penggunaan chatbot semakin populer. Menggunakan penggunaan chatbot, program dapat mensimulasikan percakapan manusia. Tentunya chatbot juga diprogram untuk bisa merespon pertanyaan hingga keluhan pelanggan. 

Menurut Theappsolution.com, orang-orang menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk menemukan akomodasi serta memesan penerbangan yang sesuai dengan anggaran. Namun sekarang waktu tersebut dapat dipersingkat menggunakan kecanggihan teknologi, yaitu chatbot.

Melalui chatbot, pengguna dapat mengatasi permasalahan terkait rencana perjalanannya. Selain itu, menggunakan chatbot pengguna menemukan rekomendasi terkait hal yang tengah dicarinya. Tentunya, chatbot dapat menghemat waktu pengguna karena setiap pesannya dapat direspon secara cepat.

Mengapa Chatbot Diperlukan untuk Bisnis Travel?

Perusahaan travel yang bergerak online akan sangat menyederhanakan perencanaan perjalanan pelanggannya. Publikasi oleh Theappsolution, kini 84% wisatawan menggunakan agen perjalanan online untuk melakukan pemesanan. Namun, 62% wisatawan sulit menemukan kesepakatan yang tepat. 

Menggunakan chatbot, pelanggan berharap dapat menemukan akomodasi terbaik serta menghemat waktu untuk pencariannya. Penelitian oleh Salesforce Research mengungkapkan 64% perusahaan yang memanfaatkan chatbot  dapat memecahkan masalah yang lebih kompleks dibandingkan 50% perusahaan yang tidak menggunakan chatbot. Di sisi lain, survey oleh Censuswide yang dipublikasikan pada laman Orioly.com menyatakan penggunaan teknologi dapat meningkatkan kepercayaan untuk melakukan perjalanan bagi 80% wisatawan. 

Berikut lima alasan teratas untuk penggunaan chatbot pada bisnis travel:

Meningkatkan Engagement 

Para wisatawan umumnya mencari melalui berbagai situs ataupun aplikasi travel untuk menemukan perjalanan terbaik. Dengan menggunakan chatbot, bisnis Anda dapat memberikan penawaran yang relevan. Hal ini juga sekaligus dapat meningkatkan engagement bisnis Anda.

Efisiensi Kerja dan Biaya Menekan Biaya Operasi

Ketika tertarik, wisatawan cenderung mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi lebih. Sayangnya, tim pelayanan bisnis travel tidak selalu sedia 24 jam, serta harus melayani pertanyaan berulang dari pelanggan. Menggunakan chatbot dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diketikkan. Hal ini dapat meringankan beban kerja karyawan dan biaya operasional hingga 30%

Meningkatkan Sales

Wisatawan ingin memesan hotel, menyewa mobil, atau membayar tiket secepat mungkin. Selama proses transaksinya pelanggan juga tidak ingin merasakan pengalaman yang tidak menyenangkan ataupun menjengkelkan. 

Chatbot dapat digunakan terintegrasi dengan gateway pembayaran. Hal ini akan mempermudah serta meningkatkan pengalaman pelanggan selama bertransaksi. Pengalaman yang baik dalam bertransaksi biasanya cenderung diingat oleh pelanggan, bahkan direkomendasikan pada yang lainnya. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan sales bisnis. 

Mendatangkan Pelanggan Baru

Chatbot travel paling efektif untuk menarik pelanggan baru. Hal ini dapat dibangun melalui percakapan yang dikirimkan kepada pelanggan. Dalam hal ini chatbot  dapat mengirimkan pesan selamat datang kepada siapa saja yang melakukan pemesanan di situs web bisnis Anda.

Selain itu, chatbot dapat mengirimkan informasi yang relevan berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh pelanggan. 

Secara keseluruhan, chatbot dapat meningkatkan pengalaman pemesanan pelanggan. Mulai dari memberikan rekomendasi yang lebih relevan, hingga menghemat biaya operasi bisnis Anda.

Fitur Chatbot untuk Bisnis Travel

Agen Resevasi

Menggunakan chatbot, para wisatawan dapat memesan tiket pesawat, melakukan reservasi hotel, rental mobil, kapal, bahkan dapat memesan paket liburan melalui website sebuah bisnis travel. 

Asisten Perjalanan Digital 

Chatbot travel dapat mengenali pertanyaan pengguna. Tidak hanya memberikan jawaban ataupun rekomendasi, wisatawan juga bisa mendapatkan rekomendasi perjalanan yang relevan tanpa survei panjang.

Chatbot untuk bisnis travel juga dapat diprogram untuk bisa memberikan informasi yang dapat membantu pelancong seperti layanan sewa mobil terdekat, atau memberikan ramalan cuaca bahkan makanan. Dengan fitur ini, chatbot bisa menjadi asisten digital sebuah perjalanan wisatawan yang dipersonalisasi. 

Layanan Customer Care

Chatbot dapat digunakan sebagai layanan pelanggan bisnis travel. Selain memberikan jawaban atas keluhan, chatbot juga dapat memberikan informasi tentang pembaruan jadwal perjalan mereka. Chabot dapat digunakan untuk memberikan informasi pembaruan terkait penerbangan, boarding pass, bahkan konfirmasi terhadap pesanan mereka.

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy