Buat Bot FAQ dan 5 Keuntungannya

Faisal Sugangga
Daftar Isi

    Menjawab pertanyaan berulang tentunya sangat melelahkan bukan? Simak 5 keuntungan Bot FAQ berikut untuk meningkatkan produktivitas tim dan meningkatkan penjualan!

    Berdasaran data, konsumen menginginkan sebuah bisnis untuk merespon pertanyaannya kurang dari 10 detik. Masalahnya, pertanyaan konsumen hampir seluruhnya berulang, menanyakan hal yang sama, pagi, siang bahkan tengah malam.

    Situasi seperti ini tentu tidak baik bagi produktivitas tim, terutama tim customer service dan sales. Jika mereka menghabiskan waktu untuk menjawab ribuan pertanyaan berulang, maka ribuan dolar (atau puluhan juta rupiah) dapat hilang dari bisnis Anda. Bagaimana tidak, tim Anda tidak memiliki waktu untuk mengurusi sesuatu yang benar-benar penting dan membutuhkan human intelligence.

    Oleh karena itu, di zaman digital seperti saat ini, dimana semuanya berjalan dengan cepat, kita harus terus berinovasi guna memenuhi ekspektasi konsumen, jika tidak, dengan cepat pula bisnis kita akan hilang.FAQ Bot (atau Bot untuk tanya jawab) adalah solusi untuk masalah ini. Berikut 5 keuntungan dari FAQ Bot yang dapat membantu bisnis Anda untuk tetap exist:

    1. Respon Instan kurang dari 7 detik.

      respon-cepat

      FAQ Bot milik Chatbiz.id, dapat menjawab pertanyaan berulang konsumen kurang dari 7 detik, 3 detik lebih cepat daripada ekspektasi konsumen saat ini.


      Dengan respon secepat itu, konsumen tidak akan mengurungkan niatnya untuk terus berinteraksi dengan bisnis Anda hingga akhirnya melakukan pembelian.


      Selain itu, respon cepat berarti pengumpulan data juga cepat. Anda dapat membaca perilaku konsumen dengan lebih baik karena tidak ada konsumen yang terlewat!

    2. Tersedia 24/7

      buka-24-7-jam

      Menurut survey dari Oracle, 50% konsumen mengharapkan bisnis untuk terus buka 24/7 jam. Kesimpulannya, jika bisnis Anda tidak beroperasi selama 24/7 jam, maka Anda telah kehilangan 50% konsumen, atau 50% dari penghasilan yang seharusnya Anda dapatkan.

    3. Menghemat biaya dan lebih manusiawi

      hemat-biaya

      Jika Anda harus mempekerjakan Customer Service Anda hingga malam hari, tentu tidak akan berakhir dengan baik.


      Reputasi perusahaan dapat jatuh dan kehilangan kepercayaan dari masyarakat luas, yang tentunya akan berpengaruh terhadap penghasilan bisnis Anda.


      Bisa saja kita mencari orang lain untuk ditempatkan pada shift malam, namun hal itu tentu memberikan biaya lebih dan tidak semua bisnis bisa melakukan itu atas dasar keuangan mereka.

    4. Meningkatkan produktivitas

      produktivitas-meningkat

      Hal ini sudah pasti. Ketika tim Anda tidak harus berurusan dengan hal sepele seperti menjawab pertanyaan berulang seharian, maka dapat dipastikan produktivitas tim Anda akan meningkat tajam dan meningkatkan performa perusahaan.

    5. Manusia tetap terlibat

      bot-dan-manusia

      FAQ Bot dengan bantuan dashboard multichannel seperti yang disediakan oleh Chatbiz memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah “manusia tetap dapat mengambil alih”.


      Di dalam dashboard, agent/tim customer service tetap dapat memantau percakapan yang sedang terjadi antara konsumen dengan bot dan dapat segera mengambil alih jika dibutuhkan.

    Saya ingin membuat FAQ Bot di Chatbiz, apa yang harus saya siapkan?

    whatsapp-bot

    Anda cukup menyiapkan hal-hal berikut:

    1. Dokumen yang menyatakan bahwa bisnis Anda telah berbadan hukum.

    2. Alamat website resmi

    3. Alamat e-mail perusahaan

    4. Gambaran tentang Bot seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk bisnis Anda.

    Jika tertarik untuk menggunakan Chatbot. Silahkan hubungi Chatbiz.id dengan mengklik tautan gambar di bawah ini.

    FAQ-Bot

    pengalaman

    5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy