Bot WhatsApp untuk Retail

Faisal Sugangga
Daftar Isi

    Apa itu Bot WhatsApp?

    Bot WhatsApp atau Chatbot WhatsApp adalah program perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara khusus pada aplikasi chatting terpopuler di Indonesia saat ini yaitu WhatsApp.

    Bot WhatsApp memungkinkan Anda memulai chat-commerce (transaksi jual-beli secara langsung pada aplikasi chatting) dan mengelola juga mengatasi masalah pelanggan.

    Anda dapat memberikan dukungan kepada pelanggan Anda pada aplikasi chatting yang paling sering mereka gunakan dan langsung menanggapi pertanyaan mereka secara realtime, 24/7 jam.

    Ini membantu Anda untuk terus memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Anda akan menghemat waktu pelanggan Anda dengan menjawab pertanyaan atau mengonfirmasi janji secara real-time.

    Mengapa Bisnis Ritel memerlukan Bot WhatsApp?

    COVID-19 adalah keadaan darurat kesehatan yang dialami oleh semua masyarakat. COVID-19 memaksa banyak negara untuk menerapkan Lockdown, atau penguncian wilayah yang dibarengi dengan aturan Social Distancing untuk meminimalisir interaksi fisik yang beresiko untuk menularkan virus tersebut.

    Hal Ini juga menyebabkan perubahan signifikan perilaku sehari-hari masyarakat, yang tentunya sangat berdampak pada ritel dan perdagangan. Dalam masa pandemi ini, kemanusiaan dan sosial bergerak dengan sangat dinamis, apa yang kita beli, bagaimana kita membeli, dan kapan serta dimana kita membeli sedang mengalami pergeseran hebat.

    Gaya hidup dan pola kerja yang sangat berbeda yang disebabkan oleh Lockdown, social distancing, dan work from home menyebabkan konsumen akan lebih memprioritaskan pengeluaran untuk hal-hal yang dirasa lebih penting, seperti makanan, kesehatan, kebersihan, kebersihan rumah tangga, serta layanan hiburan dan olahraga online. 

    Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, bisnis ritel perlu memperhatikan bagaimana bisnis mereka beroperasi. Berikut hal-hal yang harus bisnis ritel perhatikan saat ini:

    • Pastikan kesehatan dan keselamatan karyawan di dalam toko dan mereka yang melakukan pengiriman jarak jauh dengan melakukan pemeriksaan setiap rutin setiap harinya. Jika ada karyawan yang dirasa tidak sehat dan berpotensi membahayakan orang lain dan dirinya sendiri, segera ambil tindakan sesuai dengan protokol kesehatan.

    • Kelola jam buka toko untuk pembersihan dan sterilisasi yang terjadwal guna melindungi pembeli dan karyawan.

    • Memastikan semua produk tersedia dan sudah dipastikan kebersihannya sebelum dikirim ke konsumen.

    • Memenuhi persyaratan tenaga kerja yang meningkat untuk mengakomodasi permintaan yang lebih tinggi untuk operasi e-niaga, klik dan kumpulkan, pengiriman, dan DC.

    • Adopsi pengalaman digital baru bagi konsumen dengan melakukan pengiriman barang 'tanpa kontak fisik, baik langsung ke rumah atau untuk pengambilan di tepi jalan harus dilakukan

    Pada intinya, bisnis ritel harus menyelamatkan jantung operasi mereka dan bertindak dengan cepat untuk mengatasi implikasi luas COVID-19 pada bisnis mereka.

    Bagaimana Cara Membuat Bot WhatsApp untuk Bisnis Retail

    Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi terlebih dahulu jika ingin membuat Bot WhatsApp, syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Anda Membutuhkan Whatsapp Business API


      Application Program Interface (API) adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method, atau URL endpoint) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform atau lintas platform.


      Jadi, WhatsApp Business API dirancang agar para pengembang dapat mengembangkan WhatsApp sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih efisien, contohnya dengan menggunakan chatbot.


      WhatsApp Business API bukan aplikasi seperti yang terdapat di AppStore atau Playstore, dalam menggunakannya.


      Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API?

      WhatsApp Business API hanya dapat di akses oleh partner Facebook atau akun yang sudah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu melalui beberapa proses.


      Untuk melakukan verifikasi, banyak proses yang harus Anda lalui, seperti memasukan detail-detail tentang perusahan yaitu surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan lain-lain. Lengkapnya dapat Anda lihat.


      Setelah itu, Anda juga harus menunggu beberapa minggu untuk hasil dari proses verifikasi itu sendiri, dan ada kemungkinan bisnis Anda gagal terverifikasi.


      Dan tentu saja, Anda juga harus membutuhkan seseorang yang paham akan WhatsApp Business API itu sendiri untuk membuat chatbot bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau.

    2. Anda membutuhkan Izin Pendirian Perusahaan, Website Resmi dan E-mail Perusahaan


      Facebook sebagai partner dari WhatsApp itu sendiri mengharuskan setiap bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp Bot haruslah memiliki Izin Pendirian yang valid, seperti:

    • Usaha yang sudah berbadan hukum, berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi, atau minimal berbentuk UD (Usaha Dagang)

    • Website/domain resmi perusahaan

    • Email perusahaan

    Untuk tata cara pendirian badan usaha, Anda dapat melihatnya di sini -> https://izin.co.id/artikel/syarat-pendirian-pt.php

    Tidak Memiliki Akses ke WhatsApp Business API, namun Ingin Menggunakan WhatsApp Bot untuk Bisnis Anda?

    Chatbiz.id hadir untuk itu, Chatbot Virtual Assistant WhatsApp untuk bisnis Anda dapat langsung kami urus semua sampai beres dan siap digunakan dalam 1 minggu saja.

    whatsapp-bot

    Jika bisnis Anda telah memiliki badan hukum berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi atau Usaha Dagang, Website/domain resmi perusahaan dan e-mail perusahaan, maka Anda dapat menghubungi Chatbiz untuk melakukan pembuatan WhatsApp Bot yang dapat dikustomisasi sesuai dengan brand bisnis Anda.

    Dalam prosesnya, Anda cukup menyerahkan dokumen penunjang dan memberi tahu Chatbot seperti apa yang Anda inginkan. Jadi, Anda tidak perlu repot melakukan proses verifikasi, Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana API bekerja. Jika tertarik untuk menggunakan WhatsApp Bot. Silahkan hubungi Chatbiz dengan mengklik tautan gambar di bawah ini.

    bot-whatsapp-untuk-bisnis-Ritel

    pengalaman

    5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy