Bot untuk HR (Human Resources): Tidak hanya dari sisi external, Bot dapat membantu perusahaan dari sisi internal juga

Faisal Sugangga
Daftar Isi

    Apakah Bot untuk HR dapat membantu kinerja perusahaan? Tentu saja! Berikut alasannya dan mengapa Anda harus menerapkannya

    Sebagian besar perusahaan berfokus pada interaksi bot dengan konsumen (hubungan external), atau biasa kita sebut sebagai dukungan pelanggan. 

    Namun, sebetulnya perusahaan juga akan mendapatkan banyak keuntungan dari otomatisasi yang terdapat pada sisi internal perusahaan, seperti Human Resources.Bot untuk HR akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan dan karyawannya. Apa saja itu?

    1. Knowledge Management/Pusat Training yang terpusat dengan biaya lebih murah.

      pusat-data

      Tahukah Anda bahwa melakukan training terhadap karyawan perusahaan guna mendapatkan hasil kerja yang maksimal ternyata memerlukan jumlah uang yang tidak sedikit? Bisa mencapai ratusan juta!


      Dengan bantuan bot untuk melakukan training, tim HR dapat memberikan respons instan dan akurat untuk pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh karyawan. Tim HR dapat berfokus pada masalah yang lebih kompleks untuk ditinjau dan ditanggapi oleh manusia.


      Knowledge management/Pusat training yang dihandle langsung oleh Bot untuk HR akan lebih sangat berguna bagi para karyawan di lokasi yang jauh dari kantor, khususnya di era digital seperti saat ini dimana para pekerja kebanyakan sudah terbiasa dengan sistem Work From Home (WFH)

    2. Interview Kandidat

      interview-pekerja

      Bicara tentang HR, maka erat hubungannya dengan perekrutan , salah satu tanggung jawab HR yang paling penting. 


      Proses perekrutan sangat merepotkan, apalagi jika jumlah yang harus di wawancara sangatlah banyak. Bot untuk HR dapat memfasilitasi seleksi ini dengan melakukan semacam profiling.


      Bot dapat membantu tim HR menemukan orang yang ideal untuk kebutuhan perusahaan tanpa perlu melakukan verifikasi secara manual. Selain itu, tes juga dapat dimasukkan ke dalam bot untuk mengevaluasi kandidat.

    3. Otomasi Sistem Ketenagakerjaan

      ketenagakerjaan

      Bayangkan seorang karyawan membuka bot dan mengajukan pertanyaan tentang hari libur yang tersisa, permintaan slip gaji, pengajuan izin juga mengatur jadwal meeting.


      Dengan beberapa integrasi terhadap data perusahaan juga data karyawan yang ada, bot dapat menjawabnya secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

    4. Survey pekerja

      survey-pekerja

      Berbicara tentang HR, maka kesejahteraan karyawan juga menjadi titik fokus pekerjaan mereka. 


      Melalui bot, tim HR dapat lebih banyak berinteraksi dengan karyawan. Pada perusahaan menengah dan besar, terkadang sulit untuk menyadari lingkungan perusahaan. 

      Dengan Bot, tim HR dapat melakukan survei untuk mengetahui bagaimana kinerja karyawan Anda atau bahkan mengirimkan undangan untuk menghadiri kegiatan sosial.

    Saya Ingin Membuat Bot HR untuk Perusahaan Saya, Bagaimana Caranya?

    Sebelumnya, pastikan bahwa Anda telah memiliki hal-hal di bawah ini:

    1. Dokumen yang menyatakan bahwa perusahaan Anda telah berbadan hukum.

    2. Alamat website resmi

    3. Alamat e-mail perusahaan

    4. Gambaran tentang Bot seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk bisnis Anda.

    Jika tertarik untuk menggunakan Bot untuk HR. Silahkan hubungi Chatbiz.id dengan mengklik tautan gambar di bawah ini.

    bot-hr

    pengalaman

    5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy