Booking Perjalanan Lebih Praktis Berkat Inovasi Baraya Travel dengan Chatbiz

Nur Amanah Santoso

Dari zaman ke zaman, alat transportasi semakin berkembang mengikuti kebutuhan perjalanan masyarakat dunia. Di era modern ini, kebutuhan transportasi yang bisa menjangkau lebih banyak tempat dengan jangka waktu lebih cepat sangat dibutuhkan.

Dengan aktivitas masyarakat dunia yang padat dan sering kali harus berpindah antar kota hingga antar negara, industri bisnis perjalanan semakin ramai bermunculan dengan berbagai macam fasilitas.

Transportasi darat jenis shuttle bus merupakan salah satu pilihan masyarakat untuk perjalanan antar kota. Shuttle biasanya akan mengantarkan penumpang dari satu titik tertentu (pool) menuju titik lainnya yang sudah ditentukan.

Moda transportasi darat ini tergolong cepat dengan harga yang terjangkau sehingga menjadi salah satu pilihan transportasi umum yang disukai masyarakat. Jam keberangkatan pun tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ada.

Akan tetapi, banyaknya kalangan masyarakat yang memilih moda transportasi darat ini dapat membuat para calon penumpang harus menunggu dalam antrian yang mengular panjang untuk bisa memesan tempat duduk.

Tidak semua orang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan untuk datang langsung ke tempat pemesanan dan menunggu giliran dalam antrian yang panjang.

Lebih-lebih di masa pandemi dengan peraturan perjalanan yang lebih ketat. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar seseorang bisa berpergian. Ditambah lagi, menjaga jarak pada antrian yang panjang akan sulit dilakukan.

Baraya Travel adalah salah satu penyedia jasa transportasi darat jenis shuttle di Indonesia. Bisnis perjalanan ini berkolaborasi dengan Chatbiz untuk menyediakan akses pemesanan perjalanan dengan shuttle yang lebih praktis, aman, cepat, dan bebas antrian panjang.

Dengan teknologi asisten virtual chatbot “Pamela”, pemesanan perjalanan dengan shuttle bus bisa dilakukan lewat WhatsApp dengan dengan detail perjalanan yang lengkap seperti jadwal keberangkatan, jumlah tiket, maupun lokasi keberangkatan dan tujuan perjalanan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

  1. Pelanggan bisa membuka percakapan dengan akun bisnis resmi WhatsApp milik Baraya Travel, yakni yang telah memiliki centang hijau (terverifikasi). Pamela akan menawarkan pilihan untuk mengetik “order” jika ingin memesan tiket atau pilihan mengetik “cs” untuk menghubungi customer service (Gambar 1).

  2. Jika memilih “order”, pelanggan akan diarahkan untuk memilih kota keberangkatan. Setelah memilih, Pamela akan menunjukkan pilihan pool keberangkatan yang ada pada kota tersebut (Gambar 2). Setelah itu, pelanggan akan diminta untuk memilih tujuan outlet yang ada (Gambar 3).

  3. Setelah data lokasi keberangkatan dan tujuan perjalanan lengkap, Pamela akan menanyakan tanggal keberangkatan yang diinginkan pelanggan.

  4. Setelah memasukkan tanggal, Pamela akan memberikan beberapa opsi jadwal keberangkatan dengan jumlah kursi tersedia dan harga tiket (Gambar 4).

  5. Pamela akan terus menanyakan detail perjalanan lainnya seperti jumlah tiket yang akan dipesan hingga semua data pemesanan lengkap. Pelanggan hanya perlu memilih opsi dan menjawab dengan mengikuti arahan Pamela hingga detail pemesanan lengkap dan tiket selesai dipesan.

  6. Jangan lupa untuk memastikan kembali semua data sudah benar sebelum menyelesaikan pemesanan.

chatbot-travel-baraya-chatbiz1chatbot-travel-baraya-chatbiz2

Baraya Travel adalah sebuah bisnis dengan fokus usaha pada bidang jasa transportasi, khususnya untuk transportasi darat jenis shuttle. Bisnis ini sudah didirikan sejak tahun 2006 di bawah naungan PT. Nur Rachmadi Bersama.

Baraya Travel memiliki lebih dari 30 outlet yang tersebar luas di kota Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Hal ini merupakan usaha Baraya Travel untuk menjadi bisnis travel yang dekat dengan masyarakat dengan layanan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh berbagai lapisan masyarakat.

Sedangkan Chatbiz adalah perusahaan yang telah membantu berbagai sektor di Indonesia melakukan transformasi digital dengan asisten virtual chatbot. Teknologi ini dapat diintegrasikan di berbagai platform seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan situs web. Fitur-fitur yang dimiliki chatbot terbukti mampu mendorong efisiensi kerja serta mendukung peningkatan pengalaman pelanggan.

Inovasi yang dilahirkan dari kolaborasi ini diharapkan mampu mempermudah akses pemesanan tiket shuttle bus untuk masyarakat Indonesia di tengah kesibukan apapun.

Masyarakat pun dapat mengatur rencana perjalanan dengan lancar, terutama pada masa pandemi yang memerlukan rencana yang matang sehingga perjalanan pun terasa aman, nyaman, dan bebas hambatan.

Artikel Lainnya
pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy