Head of Digital Marketing

Berkolaborasi dengan Chatbiz, Layanan Donasi SharingHappiness Dapat Dilakukan melalui WhatsApp

Sudah berbulan-bulan sejak virus Covid-19 menginjakan kakinya di tanah air, memberikan dampak yang hampir dirasakan oleh semua kalangan di negeri ini, khususnya bagi masyarakat menengah kebawah dan juga para petugas yang berjuang di garda terdepan untuk melindungi masyarakat.

Banyak dari masyarakat (donatur) yang sadar akan hal tersebut dan ingin menyalurkan bantuan terhadap pihak-pihak yang membutuhkan. Namun begitu, langkah-langkah yang harus ditempuh ketika ingin melakukan donasi saat ini masih tidak praktis, sehingga pada akhirnya banyak donatur yang mengurungkan niatnya untuk berdonasi.

Melihat hal itu, SharingHappiness, sebuah platform donasi dan galang dana sosial, berkolaborasi dengan Chatbiz.id dalam rangka mempermudah akses donatur yang ingin membantu mereka yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini.

Donatur yang ingin menyalurkan donasi melalui platform SharingHappiness tidak perlu repot, karena proses dari awal hingga akhir dapat dilakukan hanya dengan menggunakan WhatsApp saja. Hal ini dapat terjadi dikarenakan akun WhatsApp Official SharingHappiness telah terintegrasi langsung dengan layanan Chatbot Asisten Virtual dari Chatbiz.

Pada bulan pertama terjadinya kolaborasi, WhatsApp Official SharingHappiness sudah melayani ribuan chat pelanggan dengan bantuan dari layanan Chatbot Asisten Virtual milik Chatbiz. Hingga hari ini pun jumlahnya chat yang dilayani terus bertambah.

img

Bagaimana cara kerjanya?

  1. Donatur cukup mengirimkan chat saja ke akun WhatsApp Official SharingHappiness

  2. Setelah itu, donatur dapat langsung melihat informasi kampanye donasi yang ada atau dapat langsung melakukan donasi kampanye yang spesifik.

  3. Setelah donatur mengisi informasi diri dan nominal yang ingin di donasikan, donatur akan langsung mendapatkan tata cara pembayaran donasi yang dapat dilakukan melalui bank atau link pembayaran langsung ke e-money yang tersedia.

Semua proses itu dapat dilakukan dengan mudah dalam WhatsApp, donatur tidak perlu pergi website atau memasang aplikasi lain di smartphonenya.


SharingHappiness sendiri bermula dari sebuah gerakan berbagi yang diinisiasi oleh Rumah Zakat, saat itu SharingHappiness dijadikan sebuah nama gerakan di tahun 2015. Hingga di awal tahun 2016, SharingHappiness diputuskan untuk menjadi sebuah platform berbagi secara online dalam pengelolaan Yayasan Berbagi Bahagia. Sehingga program-program yang digulirkan di platform ini dapat terkoordinasikan langsung ke seluruh jaringan Rumah Zakat di seluruh Indonesia. Saat ini SharingHappiness telah berhasil menggenapkan penghimpunan dana miliaran rupiah

Begitu juga dengan Chatbiz yang telah berperan banyak dalam membantu berbagai sektor di Indonesia untuk melakukan transformasi digital. Chatbiz menyediakan Chatbot Asisten Virtual yang dapat diintegrasikan dengan WhatsApp, LINE, Telegram, atau situs web, sehingga memungkinkan layanan untuk selalu tersedia 24/7 melalui obrolan.

Inovasi yang dilakukan oleh SharingHappiness X Chatbiz diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para donatur yang ingin melakukan donasi. Dengan begitu, bantuan yang tersalur bagi para korban terdampak Covid-19 semakin banyak.