Content Writer

Berkenalan Lebih Jauh dengan Chatbiz.id, Platform Chatbot Indonesia!

Pembelajaran mesin (machine learning) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) telah merevolusi berbagai struktur kehidupan manusia di era modern. Salah satu contohnya dapat kita lihat dari “anak” mereka, yakni chatbot, yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan pelanggan di situs web atau platform kita dengan cara yang sepenuhnya otomatis.

Melihat dari kegunaannya, tidak heran jika popularitas chatbot meningkat sejak beberapa tahun terakhir, di mana dalam prosesnya telah mengalami berbagai upgrade untuk memberikan pengalaman yang baru dan lebih memuaskan untuk para pelanggan. Karena dengan chatbot, kita dapat melakukan transaksi bisnis dan komunikasi dengan cara yang lebih efisien dan modern.

Chatbot sendiri adalah program kecerdasan buatan (AI) yang dapat mensimulasikan interaksi nyata dengan manusia melalui obrolan antarmuka (conversational user interface). Dengan kata lain, chatbot adalah layanan yang dapat berkomunikasi dengan kita layaknya manusia sungguhan.

Chatbot juga didasarkan pada pembelajaran mesin (ML) untuk mengumpulkan data percakapan yang memungkinkan mereka untuk menyalin percakapan manusia dan bereaksi terhadap permintaan tertulis atau lisan untuk menjawab pertanyaan atau memberikan rekomendasi kepada pengguna.

Dengan AI yang terintegrasi di dalamnya, chatbot dapat memahami bahasa, bukan hanya perintah yang kita berikan. Semakin banyak obrolan yang dilakukan dengan penggunanya, maka semakin cerdas pula chatbot tersebut.

Chatbot Asisten Virtual milik Chatbiz

Sama seperti hal lainnya, chatbot juga memiliki jenis-jenisnya sendiri. Tergantung pada kegunaan dan fungsinya, chatbot dapat terdiri dari beberapa jenis utama. Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk memilih chatbot mana yang Anda butuhkan adalah dengan memahami fitur dan fungsinya.

Namun, jika Anda ingin memakai chatbot untuk kepentingan bisnis Anda, maka Chatbiz adalah solusinya. Dengan Chatbot Asisten Virtual yang AI-powered, lengkap dengan pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pembelajaran mesin (ML), chatbot dari Chatbiz dapat berkomunikasi layaknya manusia sambil terus mempelajari data yang masuk untuk menjawab respon berikutnya.

Chatbot dari Chatbiz juga sudah masuk ke dalam ekosistem omnichannel sehingga dapat diitegrasikan ke dalam WhatsApp, Line, Telegram dan juga website live chat milik Anda. Selain itu, apa saja manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari Chatbot Asisten Virtual milik Chatbiz? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengikuti Trend Digitalisasi Bisnis sambil Menjaga Efisiensi Bisnis

Selain menjaga agar bisnis tetap tampil “trendi” di depan mata para pelanggan, chatbot juga dapat menjadi pilihan tepat untuk mengefisiensikan waktu dan sumber daya bisnis Anda. Bahkan, Business Insider menyebutkan bahwa aplikasi pengiriman pesan telah dipakai oleh lebih banyak pengguna daripada jaringan media sosial. Dalam hal ini, chatbot memiliki tempat yang penting dalam digitalisasi bisnis.

Karena lebih mudah dan lebih cepat digunakan, preferensi pelanggan untuk berinteraksi dengan pemilik bisnis melalui media perpesanan seperti chatbot pun ikut meningkat. Pemakaian chatbot pun lebih memudahkan pelanggan karena mereka tidak harus mengunduh aplikasi lagi untuk menghubungi Anda atau bisnis Anda.

Bahkan menurut data dari comScore, sekitar 65% pengguna ponsel cerdas jarang mengunduh aplikasi baru. Karena sudah memiliki aplikasi penting seperti Facebook, Instagram, Whatsapp dll., mereka akan enggan untuk mengunduh aplikasi baru hanya untuk menghubungi Anda.

Karenanya, mengintegrasikan chatbot dari Chatbiz ke dalam bisnis Anda adalah opsi yang lebih baik daripada membuat aplikasi baru. Perlu diingat juga kalau chatbot dari Chatbiz sudah masuk ke dalam ekosistem omnichannel, sehingga Anda dapat lebih menghemat uang dan waktu Anda daripada harus membuat aplikasi atau situs web baru.

2. Tersedia Selama 24/7

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, chatbot sendiri adalah AI yang sudah terintegrasi dengan pemrosesan bahasa alami (NLP) sehingga dapat menjawab pertanyaan dan keluhan dari pelanggan dengan respon yang cepat dan tidak bertele-tele. Selain itu, chatbot juga dapat melayani pelanggan selama 24 jam seminggu. Singkatnya, Anda bisa istirahat di saat chatbot Anda terus melayani pelanggan.

Dalam hal ini, chatbot dapat melayani pelanggan secara efektif sekaligus meningkatkan penjualan Anda. Beberapa manfaat di atas juga dapat Anda dapatkan ketika memakai chatbot dari Chatbiz. Ketika Anda memiliki pelayanan pelanggan yang baik selama 24/7, maka kepuasan pelanggan juga akan ikut meningkat sehingga menambah kredibilitas bisnis Anda.

3. Dapat Memonitor Data dari Percakapan Antar Chatbot dengan Pelanggan

Dengan chatbot dari Chatbiz, Anda akan memahami pola permintaan dari pelanggan, sehingga membantu Anda untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan tertentu. Dengan kata lain, Anda dapat melacak perintah dan tanggapan yang diberikan oleh pengguna ke chatbot, sehingga mendapatkan insight untuk mengoptimalisasi beberapa produk atau layanan dalam bisnis Anda.

Selain itu, chatbot dari Chatbiz juga memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan manusia. Dalam hal ini, chatbot dari Chatbiz bisa di atur dalam suatu dashboard, sehingga Anda dapat terus memantau dan berkolaborasi dengan bot yang bersangkutan.

Maka dari itu, chatbot adalah sebuah alat yang dapat mengoptimalisasi bisnis Anda dengan mempelajari harapan dan keinginan pelanggan, mengingat data spesifik yang disediakan dari interaksi antara chatbot-pelanggan.

4. Penggunaannya yang Mudah

Karena dapat diintegrasikan ke dalam WhatsApp, Line, Telegram dan juga website live chat, chatbot milik Chatbiz menjadi lebih mudah untuk digunakan. Dalam hal ini, Anda tidak harus membuat situs atau aplikasi baru. Selain memberikan kemudahan bagi pebisnis, chatbot dari Chatbiz juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Dalam hal ini, chatbot dapat membantu pelanggan yang sering kebingungan saat akan melakukan checkout barang. Tentunya, dengan mengintegrasikan chatbot dari Chatbiz ke dalam platform bisnis yang Anda inginkan, Anda langsung dapat menikmati berbagai fitur yang diberikan oleh Chatbot Asisten Virtual dari Chatbiz.

5. Semuanya dilakukan Secara Instan

Jika Anda adalah seorang pebisnis dan ingin meningkatkan penjualan secara online, maka chatbot adalah opsi terbaik untuk menjadi senjata rahasia Anda. Karena para pelanggan hari ini selalu mengharapkan kepuasan secara instan, maka Anda harus berpikir untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada mereka.

Nah, dengan chatbot dari Chatbiz, Anda dapat memberikan pelayanan yang instan namun tetap memuaskan para pelanggan Anda. Chatbot dari Chatbiz juga dapat dikostumisasi sesuai keperluan bisnis Anda, sehingga chatbot tersebut bisa melakukan proses pemesanan, mengecek ketersediaan barang, dan melakukan hal-hal lainnya yang tentunya akan mempermudah sekaligus meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Ingin Menggunakan Chatbot Asisten Virtual Untuk Bisnis Anda?

img

Jika Anda tertarik untuk menggunakan atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu tentang Chatbot Asisten Virtual dari Chatbiz, silahkan klik link dibawah ini.

HUBUNGI KAMI