Ini Dia Cara Membuat Pesan Otomatis dengan WhatsApp Bot untuk Bisnis Anda!

Faisal Sugangga

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Whatsapp. Sebuah aplikasi yang terdapat di smartphone kita saat ini dan digunakan untuk melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto, story, dan lain-lainnya.

Saat ini pengguna aktif Whatsapp sudah mencapai 2 miliar, yang berarti seperempat penduduk dunia secara aktif menggunakan Whatsapp dan ada sekitar 65 milyar pesan dikirmkan via aplikasi ini setiap harinya.

Tak hanya itu, WhatsApp juga telah tersedia di lebih dari 180 negara di dunia. Untuk menyesuaikan dengan luasnya akses dari berbagai belahan dunia, WhatsApp pun menyediakan 60 bahasa untuk penggunanya.

Dengan luasnya jangkauan WhatsApp ke seluruh dunia serta aktivitas sosial yang sangat ramai, aplikasi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis online. Apalagi WhatsApp telah meluncurkan aplikasi khusus untuk bisnis yang terpisah dari aplikasi WhatsApp biasa.

Mengapa Menggunakan WhatsApp Chatbot atau WhatsApp Bot di Indonesia?

Menurut data Digital Report 2019 yang dikeluarkan oleh Hootsuite, pengguna whatsapp di Indonesia adalah sebanyak 143 juta pengguna atau sekitar 83% dari penduduk Indonesia. Dengan begitu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna whatsapp paling banyak di dunia.

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Whatsapp terbanyak di dunia” Clair Deevy, Direktur Kebijakan APAC WhatApp, Liputan6. Manfaat menggunakan WhatsApp untuk bisnis semakin luas lagi ketika aplikasi ini akhirnya dapat diintegrasikan dengan chatbot. Perpaduan kedua teknologi digital ini sering disebut juga sebagai chatbot WhatsApp atau Whatsapp bot.

Seperti yang sudah diketahui, fitur-fitur chatbot memiliki banyak manfaat untuk efisiensi bisnis. Jika chatbot dengan fitur canggih digunakan pada WhatsApp dengan jangkauan yang luas, manfaat bagi bisnis online pun semakin besar. Bisnis dapat terhubung dengan pelanggan melalui platform yang sudah mereka percaya.

Apalagi di era Low Touch Point Interaction (minim sentuhan fisik) seperti sekarang ini. Mengingat pandemi belum juga meninggalkan tanah Indonesia sampai tahun 2021 saat ini.

Jadi, penggunaan Whatsapp dapat dikatakan sebagai ujung tombak bagi hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan Anda, seperti yang kita bahas di artikel sebelumnya.

BACA JUGA: Bagaimana Chatbot Membantu Pelaku Bisnis Untuk Menghasilkan Uang Lebih Banyak Lagi?

Di artikel tersebut kita sudah membahas tentang keunggulan chatbot dalam menghasilkan dan menghemat keuangan perusahaan Anda. Bagaimana sebuah perusahaan transportasi besar di Amerika mendapatkan peningkatkan pemesanan sebesar 25%, penghematan biaya sebesar 1 juta dolar, dan peningkatkan pemesanan tiket sebanyak 30% hanya dengan mengimplementasikan Chatbot!

Tertarik? Lalu bagaimana cara membuat Whatsapp Chatbot itu sendiri? Sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang syarat-syarat untuk Anda dapat membuat WhatsApp Bot.

1. Anda Membutuhkan Whatsapp Business API

Application Program Interface (API) adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method, atau URL endpoint) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform atau lintas platform.

Jadi, WhatsApp Business API dirancang agar para pengembang dapat mengembangkan WhatsApp sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih efisien, contohnya dengan menggunakan chatbot.

WhatsApp Business API bukan aplikasi seperti yang terdapat di AppStore atau Playstore, dalam menggunakannya.

Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API hanya dapat di akses oleh partner Facebook atau akun yang sudah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu melalui beberapa proses.

Untuk melakukan verifikasi, banyak proses yang harus Anda lalui, seperti memasukan detail-detail tentang perusahan yaitu surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan lain-lain. Lengkapnya dapat Anda lihat disini .

Setelah itu, Anda juga harus menunggu beberapa minggu untuk hasil dari proses verifikasi itu sendiri, dan ada kemungkinan bisnis Anda gagal terverifikasi.

Dan tentu saja, Anda juga harus membutuhkan seseorang yang paham akan WhatsApp Business API itu sendiri untuk membuat chatbot bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau.

2. Anda membutuhkan Izin Pendirian Perusahaan, Website Resmi dan E-mail Perusahaan

Facebook sebagai partner dari WhatsApp itu sendiri mengharuskan setiap bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp Bot haruslah memiliki Izin Pendirian yang valid, seperti

  • Usaha yang sudah berbadan hukum, berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi, atau minimal berbentuk UD (Usaha Dagang)

  • Website/domain resmi perusahaan

  • Email perusahaan

Untuk tata cara pendirian badan usaha, Anda dapat melihatnya di sini -> https://izin.co.id/artikel/syarat-pendirian-pt.php

Tidak Memiliki Akses ke WhatsApp Business API, namun Ingin Menggunakan WhatsApp Bot untuk Bisnis Anda?

Chatbiz.id hadir untuk itu, Chatbot Virtual Assistant WhatsApp untuk bisnis Anda dapat langsung kami urus semua sampai beres dan siap digunakan dalam 1 minggu saja.

customer-service-whatsapp-bot-indonesia

Jika bisnis Anda telah memiliki badan hukum berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi atau Usaha Dagang, Website/domain resmi perusahaan dan e-mail perusahaan, maka Anda dapat menghubungi Chatbiz untuk melakukan pembuatan WhatsApp Bot yang dapat dikustomisasi sesuai dengan brand bisnis Anda.

Dalam prosesnya, Anda cukup menyerahkan dokumen penunjang dan memberi tahu Chatbot seperti apa yang Anda inginkan. Jadi, Anda tidak perlu repot melakukan proses verifikasi, Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana API bekerja. Jika tertarik untuk menggunakan WhatsApp Bot. Silahkan hubungi Chatbiz dengan mengklik tautan gambar di bawah ini.

cara-membuat-whatsapp-bot

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy