Head of Digital Marketing

Bagaimana Cara Membuat Pesan Otomatis dengan WhatsApp Bot?

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Whatsapp. Sebuah aplikasi yang terdapat di smartphone kita saat ini dan digunakan untuk melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto, story, dan lain-lainnya.

Saat ini pengguna aktif whatsapp sudah mencapai 2 miliar, yang berarti seperempat penduduk dunia secara aktif menggunakan whatsapp. Lalu bagaimana pengguna whatsapp di Indonesia?

Menurut data Digital Report 2019 yang dikeluarkan oleh Hootsuite, pengguna whatsapp di Indonesia adalah sebanyak 143 juta pengguna atau sekitar 83% dari penduduk Indonesia. Dengan begitu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna whatsapp paling banyak di dunia.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna whatsapp terbanyak di dunia” Clair Deevy, Direktur Kebijakan APAC WhatApp, Liputan6.

Jadi, penggunaan whatsapp dapat dikatakan sebagai ujung tombak bagi hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan Anda, seperti yang kita bahasa di artikel sebelumnya.

BACA JUGA: Bagaimana Chatbot Membantu Pelaku Bisnis Untuk Menghasilkan Uang Lebih Banyak Lagi?

Sebelumnya kita sudah membahas tentang keunggulan chatbot dalam menghasilkan dan menghemat keuangan perusahaan Anda. Jadi, bayangkan banyak keuntungan lagi yang Anda dapatkan jika perusahaan Anda memiliki whatsapp yang terintegrasi dengan chatbot.

Tertarik? Lalu bagaimana cara membuat whatsapp chatbot itu sendiri? Sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang WhatsApp Business API dan apa bedanya dengan WhatsApp Business yang terdapat di AppStore/PlayStore.

Whatsapp Business API bukanlah aplikasi seperti WhatsApp Business

Application Program Interface (API) adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method, atau URL endpoint) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform atau lintas platform.

Jadi, WhatsApp Business API dirancang agar para pengembang dapat mengembangkan WhatsApp sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih efisien, contohnya dengan menggunakan chatbot.

WhatsApp Business API bukan aplikasi seperti yang terdapat di AppStore atau Playstore, melainkan sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk melayani pelanggan melalui WhatsApp mereka.

Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API hanya dapat di akses oleh partner Facebook atau akun yang sudah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu melalui beberapa proses

Untuk melakukan verifikasi, banyak proses yang harus Anda lalui, seperti memasukan detail-detail tentang perusahan yaitu surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan lain-lain. Lengkapnya dapat Anda lihat disini .

Setelah itu, Anda juga harus menunggu beberapa minggu untuk hasil dari proses verifikasi itu sendiri, dan ada kemungkinan bisnis Anda gagal terverifikasi.

Dan tentu saja, Anda juga harus membutuhkan seseorang yang paham akan WhatsApp Business API itu sendiri untuk membuat chatbot bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau.

Apakah Ada Cara Mudah Dalam Membuat Pesan Otomatis Untuk WhatsApp?

Ada, dan Chatbiz.id hadir untuk itu, Chatbot Virtual Assistant WhatsApp untuk bisnis Anda dapat langsung kami urus semua sampai beres dan siap digunakan dalam 1 minggu saja.

img

Anda tidak perlu repot melakukan proses verifikasi, Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana API bekerja, jika Anda menggunakan Chatbot Virtual Assistant WhatsApp dari Chatbiz, Anda akan mendapatkan Chatbot WhatsApp yang siap bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau, tanpa repot !

Jadi, jika Anda tertarik untuk menggunakan dan berkonsultasi tentang Chatbot Virtual Assistant WhatsApp dari Chatbiz, silahkan klik link dibawah ini.

HUBUNGI KAMI