7 Langkah Mudah Membuat Bisnis Plan, Yuk Simak!

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Berbisnis layaknya bermain bola. Anda harus menyiapkan taktik dan strategi agar dapat mencetak gol dan memenangkan pertandingan.

Dari itu, perencanaan bisnis sangat diperlukan. Menurut Harvard Business Review, usaha yang memiliki rencana bisnis lebih mungkin berhasil. 

Namun, tak sekedar merencanakan, sebaiknya perencanaan bisnis ini dituangkan dengan rapi. Perencanaan ini disebut dengan Bisnis Plan. 

Mengapa Bisnis Plan Penting?

Bisnis plan merupakan rencana bisnis yang dituangkan dalam tulisan. Bisnis Plan berisikan visi-misi bisnis, cara perjalanan, serta goal yang akan dicapai. Biasanya isi bisnis plan dilengkapi dengan spesifikasi produk atau jasa yang ditawarkan, target konsumen, strategi penjualan, serta pendanaan suatu bisnis 

Dengan adanya bisnis plan membuat perjalan bisnis lebih mudah. Pelaku bisnis dapat tetap fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. Bisnis plan juga dapat dijadikan referensi ataupun acuan dalam pengambilan keputusan dalam bisnis. Bisnis plan juga dapat menjadi acuan pengawasan dalam operasional bisnis, serta bahan penyusunan strategi dan evaluasi. 

Cara Membuat Bisnis Plan

  1. Riset dan Analisa Pasar

    Riset dan analisa pasar menjadi poin penting sebelum terjun menjalankan bisnis. Riset pasar sangat berguna untuk menentukan apa produk terbaik, area bisnis, proyeksi konsumen, seta strategi marketing kedepannya,

  2. Membuat Ringkasan Bisnis

    Ringkasan bisnis berisikan informasi dasar mengenai bisnis Anda. Bagian ini Anda harus mencantumkan nama bisnis, latar belakang, visi-misi bisnis, lokasi bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, manajemen, karyawan, serta proyeksi anggaran yang dibutuhkan.

  3. Membuat Deskripsi Bisnis dan Produk

    Berbeda dengan ringkasan bisnis, pada deskripsi bisnis Anda harus menuliskan informasi bisnis secara lengkap. Mulai dari bidang industri serta jajaran manajemen perusahaan.Jangan lupa untuk menjelaskan produk atau layanan dengan Anda rinci pada bagian ini!

  4. Menyiapkan Rencana Marketing

    Marketing menjadi hal yang penting dalam menaikkan nama bisnis Anda. Marketing plan yang harus Anda cantumkan dalam bisnis plan seperti strategi komunikasi untuk menjangkau konsumen, platform apa yang digunakan dalam mempromosikan produk/layanan, serta tenggat waktu dan timeline pengerjaan.


    Bila bisnis Anda bergerak online, maka anda harus menyiapkan strategi agar konsumen Anda tidak cepat berpindah pada kompetitor. Responsif menjadi salah satu kunci dalam bisnis online.  


    Dari itu, Anda harus diproyeksikan akan menggunakan platform apa, serta aplikasi penunjang apa yang harus digunakan. Contoh manfaatkan WhatsApp Bot yang dapat mengotomasi pesan. Anda bisa mendapatkan WhatsApp Bot tersebut melalui penyedia layanan seperti Chatbiz.id. 


    Menggunakan WhatsApp Bot, pesan dari konsumen dapat dibalas secara otomatis, kapanpun dan dimanapun. Ini akan sangat berpengaruh pada customer experience saat menggunakan atau membeli produk/jasa bisnis Anda.

  5. Menentukan Jenis Manajemen

    Bisnis yang besar tentunya membutuhkan tim agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik. Perencanaan manajemen internal bisnis sangat penting untuk penjalan bisnis kedepannya. Pada bagian ini, Anda harus menguraikan jobdesk tiap divisi yang ada. Tak lupa, Anda juga perlu menghitung proyeksi jumlah karyawan yang dibutuhkan sebelum melakukan perekrutan.

  6. Membuat Analisis Keuangan

    Analisa keuangan dalam bisnis plan memuat modal, rencana pengeluaran (meliputi biaya produksi, biaya marketing, beban sewa dan gaji karyawan), beserta proyeksi pemasukan. 

  7. Menentukan Rencana Pengembangan Bisnis

    Pada langkah terakhir ini, Anda perlu merencanakan bagaimana arah perkembangan bisnis kedepannya. Seperti bila sudah mencapai target, apa langkah selanjutnya? Atau bila bisnis semakin besar, apa pula langkah kedepannya? Keuntungan dan target seperti apa yang selanjutnya akan dikejar?

Secara keseluruhan, rencana serta proyeksi yang disusun dalam bisnis plan membantu Anda untuk menjalankan bisnis lebih fokus dan teratur.

Bisnis plan sangat dapat membantu Anda mencapai target bisnis, bahkan mendatangkan investor untuk pengembangan usaha! 

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy