7 Ide Bisnis yang Cocok di Kala Pandemi 

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Apabila Anda berencana untuk memulai bisnis di tahun ini, snagat penting untuk mepertimbangkan kondisi pandemi. Keberadaan Covi-19 telah banyak mengubah cara konsumen menggunakan produk dan layanan. Dari itu, menjadi hal yang penting bagi Anda untuk mempertimbangkan konsep dan jenis bisnis sebelum memulainya.

Apapun bisnis yang anda kejar, tentunya meraih keuntungan menjadi salah satu tujuannya. Berikut merupakan ide bisnis yang cocok dijalankan selama pandemi bahkan seterusnya.

Reseller  Online

E-commerce selalu menjadi ruang penting di pasar. Terlebih saat pandemic, belanja online menjadi salah satu hal yang belakangan digandrungi. Tahun 2020, Uschamber.com mengatakan bahwa belanja online naik sebesar 44 persen Bagi Anda yang suka mengotak atik e-commerce dan sosial media, menjadi reseller online dapat menjadi pilihan.

Anda dapat memulainya dengan membuat toko di e-commerce, atau bahkan di media sosial. Mulai saja sebagai usaha sampingan, dengan dedikasi dan perencanaan yang matang bisnis Anda perlahan bisa menjadi bisnis utama.

Produk Handmade

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, e-commerce selalu menempati ruang yang penting di pasaran selama pandemi. Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, pengrajin produk handmade  bisa memasarkan berbagai produknya di e-commerce ataupun media sosial.

Pengrajin produk handmade juga memiliki peluang yang unik. Dipadukan dengan marketing yang tepat di berbagai media sosial, produk handmade belakangan menarik perhatian khalayak,

Makanan Homemade

Bisnis kuliner merupakan salah satu yang paling bertahan di tengah terpaan pandemi.  Belakangan bisnis makanan online diminati karena jaminan kualitas serta bahan dan proses pembuatannya yang terpercaya. Selain itu, penjualan makan homade juga terbilang  mudah dan simple. Bagi Anda yang senang memasak, tidak ada salahnya memulai jualan makanan buatan Anda via online!

Jasa Desain Grafis

Pemasaran digital melalui sosial media menggunakan grafis sebagai salah satu strategi pemasarannya agar produknya dilirik. Skill design sangat dibutuhkan mulai dari logo, grafis, bahkan materi pemasaran. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan desain untuk memenuhi hal tersebut. Tidak semua orang pula diberkahi sense layouting dan kemampuan memadukan warna-warna agar membuat desain menjadi menarik.

Kebutuhan akan jasa desain akan tetap ada selaras dengan tren pemasaran digital, karena media sosial telah menjadi komponen integral pemasaran modern.

Produk dan Layanan hewan Peliharaan

Kondisi pandemic yang membuat kebanyak orang-orang bekerja dari rumah, menciptakan kebiasaan dan tren baru. Banyak orang memilih memelihara hewan sebagai selingan hiburan selama berkegiatan di rumah. Data oleh Uschamber.com, seluruh Negara pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebanyak 700 persen dalam pemeliharaan hewan dibandingkan tahun 2019.

Alhasil, produk dan layanan yang berkaitan dengan pemeliharaan hewan turut meningkat. Ini menjadi salah satu ide bisnis yang cukup meyakinkan, berdasarkan data yang tercatat sebelumnya.

Layanan Pengiriman Pesanan

Berbanding lurus dengan perkembangan belanja online. Pihak e-commerce dan pebisnis online membutuhkan jasa pengiriman agar produknya sampai di tangan pelanggan.  Layanan pengiriman kini menjadi salah satu yang sangat dicari.

Uschamber.com juga memperkirakan bisnis layanan pengiriman akan terus bertumbuh berkaca dari layanan pengirim makan online yang mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2023 mendatang.

Program Pelatihan  Kebugaran Virtual

Pandemi menunjukkan kepada banyak orang betapa pentingnya menjaga kesehatan fisik dan sistem kekebalan tubuh mereka. Tahun 2020 lalu, orang-orang mencari solusi untuk berolahraga dari rumah. Alhasil, mereka menggunakan kelas latihan virtual yang dapat diakses dari rumah.

Ini sudah dilakukan oleh pengusaha di Amerika serikat. Pengguna kelasnya tercatat telah mengakses video workout yang direkam sebanyak 73 persen. Peserta kelasnya juga mengakses tutorial workout di rumah sebanyak 85 persen, dan diakui bahwa ada banyak permintaan untuk konten tersebut.

Nah, itulah tujuh usaha bisnis yang cocok dijalankan selama pandemi. Tertarik memulai yang mana?

 

 

 

Artikel Lainnya
pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy