7 Alasan Penggunaan Chatbot untuk Organisasi Non Profit

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Organisasi non profit atau organisasi nirlaba menurut Accurate.id, merupakan organisasi yang sasarannya untuk mendukung suatu kebijakan atau memecahkan masalah penting yang terjadi di suatu Negara.

Organisasi non profit bergerak secara tidak komersial atau tidak menarik perhatian terhadap sesuatu yang bersifat mencari keuntungan. Organisasi non profit biasanya berbasis sosial, bisa terbentuk dari organisasi keagamaan, organisasi politik, rumah sakit, sekolah negeri, dan organisasi lainnya. Kali ini kita akan membahas chatbot untuk organisasi nonprofit. 

Chatbots adalah asisten otomatis yang akan berkomunikasi dua arah dengan orang-orang secara otomatis. Mari kita bicara tentang mengapa Anda harus menggunakan chatbot untuk organisasi non profit.. Berikut adalah tujuh alasan organisasi non profit Anda membutuhkan chatbot!

Chatbot dapat mengotomasi

Kemampuan otomasi chatbot memungkinkan penghematan waktu, energi, dan uang, sehingga organisasi dapat mengalokasikan sumber daya berharga tersebut ke bagian yang lebih membutuhkannya.

Menjawab pertanyaan yang sama secara manual berulang kali akan menghabiskan tenaga dan waktu. Sebuah chatbot dapat membantu masalah ini! 

Fungsi utama chatbot yang dipilih organisasi untuk dioptimasi adalah menjawab FAQ. Menggunakan chatbot, organisasi Anda dapat memberikan jawaban yang cepat, tepat, serat akurat. Chatbot Juga dapat memberikan rekomendasi jawaban lainnya untuk membantu menjawab pertanyaan.

Menurut chatfuel.com, chatbot dapat menyelesaikan hingga 80% pertanyaan dan masalah dari pengguna. Untuk pertanyaan yang membutuhkan sentuhan manusia, chatbot Anda dapat meneruskan pengguna ke agen manusia .

Pertanyaan yang dijawab bot sepenuhnya dapat disesuaikan. Anda hanya perlu memikirkan jawaban apa yang sekiranya teppat dan dapat mempersuasi calon relawan ataupun donatur. Setelahnya chatbot Anda akan menanganinya.

Chatbot juga tersedia 24/7, sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka secara cepat dan akurat. Bantuan instan ini juga dapat membantu Anda membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

Chatbot dapat berfungsi sebagai pusat informasi

Menggunakan chatbot Anda dapat mengirim pesan untuk memberi tau sukarelawan tentang kegiatan sosial apa yang sedang dilakukan oleh organisasi non profit Anda. Chatbot dapat digunakan untuk mengumumkan hal-hal seperti:

  • Jadwal acara penggalangan dana yang akan datang

  • Mengumumkan kebutuhan yang mendesak, seperti Palang Merah yang meminta sumbangan untuk membantu bencana alam.

  •  Informasi perubahan jadwal, tata cara, dan informasi berkaitan organisasi lainnya.

Chatbot dapat meningkatkan upaya penggalangan dana

Salah satu tujuan utama dari setiap organisasi non profit adalah untuk secara konsisten menarik sukarelawan untuk melakukan lebih banyak donasi. Chatbot dapat membuat pengalaman ini lebih mudah, baik bagi internal organisasi ataupun calon sukarelawan.

Dan kami tidak mengatakan Anda harus membuang semua metode penjangkauan Anda yang lain demi chatbot. Sebagai gantinya, kami menyarankan Anda menambahkan chatbots ke dalam campuran sehingga Anda dapat menjangkau calon relawan baru di saluran baru.

Berikut adalah beberapa cara chatbot yang akan membantu mendapatkan lebih banyak donasi dana dari calon donatur:

  •  Membagikan cerita yang menggugah donatur agar mereka tertarik untuk mendukung gerakan ini

  •  Pemberitahuan pada calon donatur tentang perlunya donasi terkait dengan tujuan yang mereka minati sebelumnya ( bot Anda dapat memberi tag pengguna untuk melacak data seperti ini)

  • Tautan ke halaman donasi tempat pengguna dapat memberi secara langsung

  • Bagikan informasi atau tautan terkait barang dagangan yang dapat dibeli pengguna untuk mendukung organisasi

Chatbot dapat menyederhanakan proses pendaftaran sukarelawan

Banyak organisasi nirlaba bergantung pada sukarelawan. Anda dapat menggunakan chatbot untuk mempermudah sukarelawan dengan cara:

  • Membagikan informasi: chatbot dapat membagikan tautan, gambar, video, dan jenis informasi lainnya untuk mendidik sukarelawan tentang apa yang akan mereka lakukan dan apa persyaratannya.

  •  Mempermudah proses pendaftaran:  chatbot dapat mengajukan pertanyaan untuk mengumpulkan informasi kontak, mempelajari pengalaman calon sukarelawan, dan bahkan menerima resume mereka jika diperlukan. Chabot kemudian dapat mengirimkan data yang di submit sukarelawan saat pendaftaran atau menginput datanya langsung ke spreadsheet secara otomatis.

  • Penjadwalan  wawancara atau shift: Chatbot dapat digunakan untuk membuat penjadwalan, sehingga relawan dapat memesan slot untuk bekerja, atau untuk penyaringan awal.

Chatbot dapat menceritakan kisah yang menarik

Cerita adalah inti dari setiap organisasi non profit. Ini adalah cara penting untuk membentuk hubungan emosional dengan sukarelawan untuk memenangkan dukungan mereka. 

Chatbot sangat cocok untuk membantu organisasi nonprofit menceritakan kisah penting ini dengan cara yang interaktif. Terlebih, strategi penyebaran cerita itu kini dapat dilakukan chatbot dalam skala sangat luas. Jadi, tidak hanya memberikan informasi yang menggugah emosi, tetapi juga dapat menjangkau calon sukarelawan lebih luas.

Sama seperti dalam percakapan natural oleh manusia, chatbot dapat mempersonalisasi cerita berdasarkan preferensi pengguna. Chatbot dapat menanyakan apa yang paling mereka minati, dan kemudian membagikan konten yang relevan. Melalui fitur ini, Anda memberi kebebasan calon relawan memilih cerita mana yang ingin mereka dengar, hal ini membuat strategi bercerita jauh lebih berdampak.

Chatbot dapat membantu mengembangkan organisasi

Pengalaman yang dipersonalisasi yang dapat diberikan bot akan membuat pengguna Anda merasa lebih terlibat dan terhubung dengan organisasi Anda.  Interaksi dengan bot yang dibangun sedemikian rupa sehingga mudah digunakan, dan memberi kesan yang baik pada pengguna. 

Ini dapat membantu organisasi Anda diingat di benak para donatur atau sukarelawan. Sehingga berpeluang dijadikan opsi pertama ketika mereka siap untuk berkontribusi atau berdonasi di masa mendatang.

Chatbot hemat biaya dan mudah dibuat

Penggunaan chatbot dapat mengefisiensi kerja berbagai posisi di organisasi. Terlebih pada posisi pelayanan. Bayangkan saja berapa banyak energi dan waktu yang dihabiskan bila petugas pelayanan harus menjawab dan memberikan informasi berulang pada setiap calon sukarelawan baru yang kebingungan. 

Menggunakan chatbot, Anda dapat melakukan hal tersebut secara otomatis, sehingga sumber daya bekerja secara efisien dan dapat dialokasikan pada bagian yang lebih membutuhkan.

Artikel Lainnya
pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy