5 Tips Bisnis Online yang Perlu Diketahui

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Ketika ingin memulai bisnis online mungkin Anda akan kewalahan dengan berbagai pertanyaan. Seperti bagaimana memulainya? Apa yang harus dilakukan untuk mengawalinya? Strategi seperti apa yang biasanya ampuh mendatangkan keuntungan?

Saat telah menjalankannya, Anda pun tetap akan dihujami berbagai pertanyaan. Seperti, apa langkah tepat selanjutnya agar penjualan tidak menurun? Bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang lebih banyak?

Mungkin beberapa hal tersebut terasa sangat membingungkan. Namun sejatinya yang harus Anda ketahui adalah jawaban terbaik atas pertanyaan tersebut. Berikut merupakan beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk memulai ataupun menjalankan bisnis online yang Anda rintis.

Riset Pasar

Pertama, mulailah dengan melakukan riset pasar. Dengan memahami pasar Anda dapat membaca bagaimana peluang dan keberlanjutan usaha kedepannya. Ini juga akan membantu memperbaiki ide Anda.

Dalam melakukan riset pasar, Anda bisa mulai dengan menanyakan alasan mengapa bisnis Anda harus Anda. dalam kata lain, melakukan riset pasar membantu Anda memahami tujuan dan alasan mengapa bisnis Anda dibutuhkan bagi pasar.

Perencanaan Bisnis

Mungkin banyak bisnis online yang berhasil dan sukses tanpa memiliki perencanaan bisnis yang matang. Penelitian yang dipublikasikan oleh Forbes menunjukkan bahawa bisnis dengan perecncanaan bisnis yang matang dapat meningkatkan pertumbuhan sebesar 30 persen. Studi tersebut juga menyatakan bahwa 71 persen perusahaan tumbuh dengan cepat karena memiliki perencanaan bisnis. 

Perencanaan bisnis menjadi penting karena menuntut Anda untuk membuat anggaran, menentukan target, dan merencanakan strategi pemasaran serta penjualan. Hal ini akan membantu penjalanan bisnis lebih tertata.

Manajemen Keuangan yang Baik

Menghasilkan uang dalam suatu bisnis memang menjadi tujuan. Namun, perlu dipertanyakan berapa banyak uang yang harus dihasilkan dan bagaimana alokasinya. Anda perlu menentukan bagaimana biaya yang akan diperlukan selama menjalan bisnis sehingga menghasilkan keuntungan yang konsisten. 

Manajemen keuangan yang baik menjadi hal penting. Banyak startup gagal karena kurang cermat dalam mengalokasikan uangnya. Sebagian dari mereka kehabisan uang sebelum menghasilkan keuntungan.

Memanfaatkan Tools yang Relevan

Banyak tools yang dapat dimanfaatkan agar bisnis online berkembang. Mudahnya Anda dapat memanfaatkan berbagai media sosial. Media sosial dapat menjadi salah satu alat pemasaran yang cukup mendatangkan banyak pelanggan. Berbagai sosial media ini juga dilengkapi fitur analitik, sehingga Anda dapat mengetahui sejauh mana bisnis Anda dijangkau, dan sebagainya.

Jangan kewalahan dengan berbagai fitur teknologi. Jika Anda tidak mahir dalam bidang tersebut,  sudah banyak layanan penyedia yang siap membantu bisnis Anda.

Jangan sampai bisnis online Anda tidak mengikuti aturan yang ada. Jangn lupa memperhatikan regulasi terkait bisnis online Anda agar tidak terhenti ditengah jalan karena melanggar hukum.

Itulah lima tips penting yang perlu Anda ketahui agar bisnis online Anda dapat berkembang. Tak hanya untuk yang sudah menjalankan bisnis, tips ini juga dapat digunakan bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis.

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy