10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Digital!

Muthyarana Darosha
Daftar Isi

Bagaimana cara anda membeli pakaian belakangan? Bagaimana anda mengorder keperluan sehari-hari? Mungkin kebanyakan akan menjawab secara online. Bahkan tak sedikit juga orang mengorder makan yang diinginkannya melalui aplikasi dan dibayarkan secara online juga.

Keberadaan teknologi merubah cara manusia beraktivitas. Banyak kegiatan dilakukan melalui online pada masa kini. Salah satu penyebabnya adalah kebanyakan orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke toko dalam memenuhi kebutuhannya. Ditambah, situasi pandemi membuat orang-orang lebih suka berkegiatan dari rumah untuk memutus rantai penyebaran virus. Semua kegiatan diusahakan secara online.

Bila Anda merupakan seorang pebisnis dan tengah membaca artikel ini, tidakkah penting untuk memikirkan bahwa bisnis Anda harus go digital? Jika tidak, beberapa alasan berikut akan membantu Anda memahami mengapa bisnis Anda harus go digital

Pusat Informasi

Jika mendapatkan informasi  mengenai suatu produk, pelanggan akan mencoba mencarinya melalui internet. Menurut Digital Influence Survey 2012, 89 persen pelanggan menggunakan search engines untuk menemukan informasi terkait produk, layanan, dan bisnis sebelum mereka melakukan transaksi.

Menurut Insight Success, setidaknya 90 persen orang melakukan pencarian online sebelum membeli. Ini menunjukkan ketergantungan customer terhadap internet dalam hal riset belanja.

Sebuah studi juga menemukan pemasaran di media sosial secara efektif membantu bisnis menjangkau lebih banyak pelanggan. Menurut Tweakyourbiz.com Ditemukan bahwa 79 persen pelanggan mengikuti merek di situs jejaring sosial untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Mengukur Keberhasilan

Bila bisnis Anda go online, akan lebih mudah untuk melacak kemajuan dan kesuksesannya.  Menggunakan analitik atau fitur yang situs web dasar yang disediakan oleh perusahaan hosting, Anda dapat dengan mudah melacak berapa banyak klik, tampilan, atau tanggapan yang terhadap suatu postingan produk.

Menemukan Pasar customer

Mengelola customer bisnis Anda secara manual dan konvensional adalah proses yang panjang dan membosankan. Dengan mentransformasikan bisnis menjadi bisnis online, Anda akan mendapatkan informasi berharga terkait pasar customer Anda. Seperti jumlah, demografi, ataupun lokasi pengunjung Anda.

Tuntutan Akan Kecepatan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencetak dokumen, membawanya ke mesin faks atau ke kantor lain dan menunggu tanda terima? Cara komunikasi kantor tradisional ini sangat membuang-buang waktu. Memiliki sistem komunikasi digital akan membuat karyawan lebih produktif dan fokus pada tugas lain lebih cepat.

Bila bisnis Anda go digital, Anda juga akan menghemat waktu dan biaya customer Anda. customer tidak perlu lagi melakukan perjalanan dan mendatangi toko Anda. Waktu bertransaksinya pun menjadi lebih singkat bila dilakukan secara online.

Membantu Pengarsipan Informasi

Pengarsipan dan pengarsipan informasi dengan cara lama tidak hanya memakan banyak waktu, tetapi juga sangat tidak efisien. Berapa banyak lemari arsip yang dibutuhkan bisnis untuk menyimpan semua dokumen penting? Bagaimana Anda menjaga mereka tetap aman? Berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang karyawan untuk menelusurinya kapanpun diperlukan?

Dengan go digital, banyak perangkat lunak dan aplikasi komputer yang tersedia untuk membantu Anda menjadi lebih teratur dan lebih tertata.

Menghemat Biaya

Mengutip Insight Success, Badan Perlindungan Lingkungan AS memperkirakan  sekitar 5.260.000 ton atau 10,5 miliar pon produk kertas terbuang dan didaur ulang pada tahun 2010. Di bidang bisnis, rata-rata karyawan menghabiskan 10.000 lembar kertas per tahun atau biaya $80 per karyawan per tahun.

Dengan merubah bisnis menjadi bisnis digital, bisnis dapat berjalan walaupun tanpa kertas.  Tidak hanya akan menghemat biaya, tetapi juga akan menyelamatkan lingkungan.

Menemukan Harga yang Kompetitif

Pergeseran ke digital akan sangat menghemat biaya. Beberapa fungsi dan kebutuhan yang harus dilakukan oleh beberapa pegawai dapat dilakukan teknologi digital dengan biaya yang lebih sedikit. Semua data dan dokumen dapat disimpan dalam sistem komputer, didukung dengan penyimpanan online atau drive eksternal yang jauh lebih aman. Ini jauh lebih murah daripada menyimpan banyak file di lemari atau penyimpanan.

Memelihara situs web tidak membutuhkan tenaga kerja yang besar. Ada juga sistem kolaborasi perusahaan yang dapat Anda unduh untuk komunikasi yang efisien dengan orang-orang di tempat kerja atau bahkan tim virtual yang tersebar di seluruh dunia.

Penghematan di beberapa bagian biaya membuat bisnis Anda mengeluarkan moda yang lebih sedikit. Dari itu, bila bisnis Anda go digital, memungkin sekali untuk membantu Anda menemukan harga produk yang kompetitif, karena beberapa biaya sudah diefisienkan.

Momentum yang Tepat

Dengan semakin banyak pelanggan yang melakukan riset online sebelum melakukan pembelian, investasi untuk pemasaran online semakin meningkat. Laporan oleh Altagamma-McKinsey Online Observatory menemukan bahwa 20 persen dari penjualan online dan offline didorong oleh pemasaran online. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa total penjualan dari pemasaran digital murni menghasilkan laba optimal $ 12,5 miliar.

Bila Anda memutuskan untuk go digital dalam waktu yang dekat, hal tersebut agaknya akan menjadi pilihan yang tepat. Go digital akan membuat bisnis Anda terjangkau oleh lebih banyak customer. Data dalan Digital Report 2021: Global Overview Report menunjukkan 1,3 miliar tahun waktu dihabiskan orang-orang untuk mengakses internet dan triliunan dolar dihabiskan untuk bertransaksi di e-commerce.

Ditambah situasi pandemi, semua orang mengandalkan aktivitas online. Seiring dengan adanya trend small business di berbagai media sosial membuat masa pandemi menjadi momentum yang tepat.   

Konten adalah Raja

Hanya dengan mempublikasikan konten bisnis Anda di media sosial, Anda dapat mempengaruhi perilaku customer. Konten dapat mendatangkan Anda pelanggan baru. Mengutip dari Tweakyourbiz.com, 61 persen pelanggan mengaku merasa lebih senang dan akan membeli suatu produk yang menawarkan konsep khusus untuk pelanggannya.

Membangun Interaksi

Dengan go digital, bisnis dapat memberikan pelanggannya pengalaman bertransaksi yang bervariasi. Konten untuk pelanggan juga  dapat disajikan dalam bentuk bervariasi, mulai dari tulisan, visual, video, dan bentuk multimedia lainnya. Hal ini dapat meningkatkan interaksi dan membangun interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform.

Tak dipungkiri internet dan teknologi digital merubah cara manusia beraktivitas. Bila tidak mendapatkan informasi yang cukup, manusia masa kini akan berusaha memenuhinya melalui internet. Bila Anda mengabaikan transformasi bisnis menuju digital ini, maka Anda akan kehilangan banyak peluang. Setelah membaca artikel ini, apakah menuju bisnis go digital masih menjadi hal yang tidak penting lagi?

Artikel Lainnya
pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy