Membangun Bot untuk Customer Service WhatsApp

Faisal Sugangga

WhatsApp merupakan platform chatting yang paling digemari di dunia saat ini, tak terkecuali Indonesia. Dengan pengguna aktif Whatsapp sudah mencapai 2 miliar, yang berarti seperempat penduduk dunia secara aktif menggunakan Whatsapp dan sekitar 65 miliar pesan dikirimkan via aplikasi ini setiap harinya menjadikan WhatsApp platform yang wajib digunakan bagi para pebisnis. Oleh karena itu, mari kita simak manfaat menyediakan customer service yang terintegrasi dengan WhatsApp bisnis Anda:

Berikut keuntungan menggunakan Customer Service WhatsApp bagi pelanggan juga bisnis Anda:

Keuntungan Customer Service WhatsApp untuk Pelanggan:

  • WhatsApp memungkinkan pelanggan untuk menjangkau bisnis secara instan dengan menggunakan platform yang paling mereka sukai, yaitu WhatsApp, tanpa harus melewati proses yang merepotkan

  • Enkripsi ujung ke ujung yang ditawarkan oleh WhatsApp memastikan bahwa tidak ada orang selain pelanggan dan agen dukungan yang dapat membaca pesan mereka. Rasa privasi yang ditingkatkan ini adalah sesuatu yang membuat pelanggan merasa aman, karena mereka tidak mendapatkan tingkat enkripsi yang sama pada saluran seperti email, media sosial, telepon, atau IVR.

Keuntungan Customer Service WhatsApp untuk Pebisnis:

  • Bisnis dapat menyelesaikan masalah pelanggan secara pribadi WhatsApp dan menghindari potensi munculnya pelanggan yang menuliskan “hate comment” mereka di media sosial, yang tentunya mempengaruhi persepsi merek/nama perusahaan.

  • Membantu bisnis untuk mengotomatiskan tugas, mengkonsolidasikan tugas, dan menghasilkan arahan yang sesuai dengan yang bisnis inginkan.

  • Tidak repot menyediakan platform baru. Dengan WhatsApp sebagai platform chatting paling digemari di Indonesia saat ini, pebisnis dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Menggunakan Customer Service WhatsApp dengan Bantuan BOT untuk Otomatsi Bisnis

Jika Anda ingin menyediakan customer service whatsapp yang tersedia selama 24x7 jam, maka dapat dipastikan Anda membutuhkan bantuan BOT untuk itu. Penggunaan Bot yang diterapkan pada customer service whatsapp akan memberikan manfaat yang sangat banyak. 

Sebuah perusahaan transportasi besar di Amerika mendapatkan peningkatkan pemesanan sebesar 25%, penghematan biaya sebesar 1 juta dolar, dan peningkatkan pemesanan tiket sebanyak 30% hanya dengan mengimplementasikan Bot!Lalu bagaimana cara membuat Customer Service WhatsApp bot itu sendiri?

Sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang syarat-syarat untuk Anda dapat membuat WhatsApp Bot.

1. Anda Membutuhkan Whatsapp Business API

Application Program Interface (API) adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method, atau URL endpoint) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform atau lintas platform.

Jadi, WhatsApp Business API dirancang agar para pengembang dapat mengembangkan WhatsApp sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih efisien, contohnya dengan menggunakan chatbot.

WhatsApp Business API bukan aplikasi seperti yang terdapat di AppStore atau Playstore, dalam menggunakannya.

Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API hanya dapat di akses oleh partner Facebook atau akun yang sudah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu melalui beberapa proses.

Untuk melakukan verifikasi, banyak proses yang harus Anda lalui, seperti memasukan detail-detail tentang perusahan yaitu surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan lain-lain. Lengkapnya dapat Anda lihat disini .

Setelah itu, Anda juga harus menunggu beberapa minggu untuk hasil dari proses verifikasi itu sendiri, dan ada kemungkinan bisnis Anda gagal terverifikasi.

Dan tentu saja, Anda juga harus membutuhkan seseorang yang paham akan WhatsApp Business API itu sendiri untuk membuat chatbot bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau.

2. Anda membutuhkan Izin Pendirian Perusahaan, Website Resmi dan Email Perusahaan

Facebook sebagai partner dari WhatsApp itu sendiri mengharuskan setiap bisnis yang ingin menggunakan Customer Service WhatsApp Bot haruslah memiliki Izin Pendirian yang valid, seperti

  • Usaha yang sudah berbadan hukum, berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi, atau minimal berbentuk UD (Usaha Dagang)

  • Website/domain resmi perusahaan

  • Email perusahaan

Untuk tata cara pendirian badan usaha, Anda dapat melihatnya di sini -> https://izin.co.id/artikel/syarat-pendirian-pt.php

Tidak Memiliki Akses ke WhatsApp Business API, namun Ingin Menggunakan Customer Service WhatsApp Bot untuk Bisnis Anda?

Chatbiz.id hadir untuk itu, Customer Service WhatsApp Bot untuk bisnis Anda dapat langsung kami urus semua sampai beres dan siap digunakan dalam 1 minggu saja.

customer-service-whatsapp-bot-indonesia

Jika bisnis Anda telah memiliki badan hukum berbentuk PT/CV/Yayasan/Koperasi atau Usaha Dagang, Website/domain resmi perusahaan dan email perusahaan, maka Anda dapat menghubungi Chatbiz untuk melakukan pembuatan WhatsApp Bot yang dapat dikustomisasi sesuai dengan brand bisnis Anda.

Dalam prosesnya, Anda cukup menyerahkan dokumen penunjang dan memberi tahu Customer Service WhatsApp Bot seperti apa yang Anda inginkan. Jadi, Anda tidak perlu repot melakukan proses verifikasi, Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana API bekerja. Jika tertarik untuk menggunakan Customer Service WhatsApp Bot. Silahkan hubungi Chatbiz dengan mengklik tautan gambar di bawah ini.

customer-service-whatsapp

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy