Chatbot WhatsApp Berbahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Bisnis Anda

Shandy Pradana

Di tengah pandemi COVID-19, kita dipaksa untuk beradaptasi dengan kondisi new normal, di mana salah satunya adalah melakukan segala kegiatan dari rumah dan secara daring. Kondisi ini pun meningkatkan kebutuhan kita untuk menggunakan ponsel pintar dan berkomunikasi lewat platform yang tersedia di dalamnya, salah satunya adalah WhatsApp.

Sebagai aplikasi perpesanan terbesar dan paling populer sedunia, di mana lebih dari 25 persen populasi dunia menggunakannya, tidak heran jika WhatsApp juga populer di Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, penggunaan WhatsApp saja tidaklah cukup. Oleh karena itu, penggunaan “Chatbot WhatsApp Indonesia” menjadi opsi terbaik saat ini.

Untuk menangani COVID-19 dan mengoptimalkan bisnis mereka, beberapa negara besar sudah mulai memakai chatbot yang terintegrasi ke dalam WhatsApp. Perlu diketahui kalau chatbot adalah sebuah fitur yang dibuat untuk dapat berinteraksi dan memberikan jawaban yang cerdas kepada manusia.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) dan pemrosesan bahasa alami atau NLP (natural language processing), chatbot dapat “meniru” ucapan atau tindakan manusia selama interaksi tersebut. Lalu, bagaimana dengan penggunaan Chatbot WhatsApp Indonesia?

Penggunaan Chatbot WhatsApp untuk Bisnis Anda

Di Indonesia sendiri, sebagian besar pemilik bisnis menggunakan WhatsApp sebagai platform andalan untuk melakukan transaksi jual beli dengan pelanggan. Dalam hal ini, kebanyakan pebisnis lebih memilih untuk mendapatkan “badge hijau” atau memverifikasi akun WhatsApp Business mereka daripada mengintegrasikan chatbot ke dalamnya.

Singkatnya, proses verifikasi WhatsApp Business lewat Penyedia Solusi Bisnis atau BSP (Business Solution Provider) terlihat seperti ini:

  1. Daftar dengan penyedia solusi bisnis (BSP)

  2. Buat akun Business Manager.

  3. Berikan BSP 16 digit ID Manajer Bisnis (BMID) Anda.

  4. Izinkan BSP untuk mengirim pesan atas nama Anda.

  5. Verifikasi bisnis, kebijakan, dan nama tampilan Anda.

Untuk lebih jelasnya, proses verifikasi lewat BSP ini membutuhkan waktu selama satu sampai tiga minggu. Hal ini karena verifikasi WhatsApp untuk akun bisnis baru terbatas pada sejumlah kecil bisnis yang berpartisipasi di dalam program percobaan. Proses ini juga tidak direkomendasikan kecuali Anda atau staf Anda sudah berpengalaman dalam proses pemrograman.

Namun, jika bisnis Anda sudah berskala nasional dan memberikan dampak yang nyata di Indonesia, mungkin akun bisnis WhatsApp Anda akan diverifikasi secara manual oleh pihak WhatsApp. Setelahnya, Anda mungkin berpikr, daripada menunggu lama untuk mendapatkan badge hijau di akun WhatsApp Anda, apakah ada cara lain untuk mengoptimalkan bisnis Anda?

Tentu saja ada, dan Anda tidak harus menunggu lama untuk mendapatkannya. Untuk mengoptimalkan binsis Anda, Anda hanya perlu mengintegrasikan chatbot ke dalam akun WhatsApp Anda. Namun, pertama-tama Anda harus paham kalau semua chatbot tidak dibuat untuk kepentingan yang sama, atau dalam hal ini untuk kepentingan bisnis saja.

Oleh karena itu, Anda harus terlebih dulu mengetahui beberapa jenis chatbot sebelum memakainya untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Tergantung pada kegunaan dan fungsinya, chatbot terdiri dari lima jenis utama, yakni support chatbot, skills chatbot, assistant chatbot, transactional chatbot, dan informational & information gathering chatbot.

Manfaat Chatbot WhatsApp untuk Bisnis Anda

WhatsApp Business, tentunya dalam bentuk chatbot, menawarkan peluang emas kepada Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan memberikan mereka pelayanan terbaik sehingga mereka akan merasa nyaman dan terus kembali kepada Anda. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan chatbot WhatsApp untuk bisnis Anda:

  • Chatbot tersedia untuk semua bentuk bisnis, baik itu bisnis kecil, bisnis rumahan, atau perusahaan besar.

  • Dapat menyambungkan bisnis Anda melalui berbagai platform dan saluran yang berbeda (omnichannel)

  • Membangun brand awareness dan brand loyalty sekaligus meningkatkan hubungan kepada pelanggan.

  • Memfasilitasi bisnis Anda untuk terhubung dengan pelanggan melalui media yang lebih interaktif.

  • Chatbot untuk WhatsApp membantu Anda untuk terlibat dalam interaksi dengan pelanggan, tentunya dengan cara yang lebih efisien.

Setelah melihat beberapa keuntungan di atas, Anda pasti mulai memahami betapa pentingnya chatbot WhatsApp untuk bisnis. Pertama dan paling penting, penggunaan chatbot dalam WhatsApp dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang stabil dan jangka panjang dengan pelanggan karena mereka tidak harus mencari bisnis Anda di saluran yang berbeda.

Setelah memakai chatbot, Anda dapat menikmati manfaat dari pelanggan yang loyal dan keterlibatan antar bisnis-pelanggan yang lebih tinggi. Dengan chatbot yang tepat, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan Anda.

Jadi, jika Anda ingin terus berhubungan selama 24/7 dengan pelanggan tanpa harus duduk selama itu dan menjawab semua pertanyaan mereka satu persatu, maka Anda harus segera mengintegrasikan chatbot ke akun WhatsApp Business Anda. Namun, bagaimana caranya memilih chatbot yang tepat untuk bisnis Anda?

Chatbot WhatsApp dari Chatbiz, Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

Salah satu cara terbaik untuk memilih chatbot yang Anda butuhkan adalah dengan memahami fitur dan fungsinya. Namun, jika Anda ingin memakai chatbot untuk kepentingan bisnis dan dapat diintegrasikan ke dalam akun WhatsApp Business Anda, maka chatbot dari Chatbiz.id adalah jawabannya.

img

Dengan chatbot yang AI-powered, lengkap dengan pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pemelajaran mesin (ML), chatbot dari Chatbiz dapat berkomunikasi layaknya manusia dan juga terus mempelajari data yang masuk untuk menjawab respons berikutnya. Selain itu, chatbot dari Chatbiz juga memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan pemilik bisnis.

Dalam hal ini, chatbot dari Chatbiz bisa diatur dalam suatu dashboard, sehingga Anda dapat terus memantau dan berkolaborasi dengan chatbot yang bersangkutan. Chatbot dari Chatbiz juga sudah masuk ke dalam ekosistem omnichannel sehingga dapat diintegrasikan ke dalam platform berbeda seperti WhatsApp, Line, Telegram dan juga website live chat.

Jika Anda menggunakan chatbot dari Chatbiz, maka Anda akan mendapatkan Chatbot yang siap bekerja sesuai dengan apa yang Anda mau dan siap digunakan hanya dalam waktu seminggu saja. Mau mengoptimalkan bisnis Anda tapi gak mau repot dan nunggu lama-lama? Yuk, langsung Chatbiz-in aja!

HUBUNGI KAMI

pengalaman

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Era Low Touch Economy